Katanya nih, hewan-hewan berikut ini bisa memprediksi bencana alam. Apa bener begitu? Simak bukti-buktinya deh.

Hewan adalah makhluk hidup yang memang tidak sesempurna manusia. Tapi hebatnya, mereka tuh punya insting yang kuat. Dengan insting, mereka bisa hidup di alam bebas. Dan konon, dengan instingnya pula, para hewan bisa juga memprediksi bencana alam.

Apa benar begitu?

Banyak yang berpendapat munculnya sejumlah hewan adalah tanda paling dekat kalo sebuah bencana alam akan datang. Karena manusia tak punya insting setajam mereka, banyak loh yang mempercayai hal ini.

Dikutip dari laman Storypick.com, katanya hewan-hewan ini bisa memprediksi bencana alam ya? Simak bukti-buktinya yuk, biar gak penasaran.

1. Anjing

1. Anjing Anjing tau loh kalo bakal ada bencana (theimmagine.eu)

Anjing adalah salah satu jenis hewan yang paling dekat dengan manusia. Mereka dianugerahi insting yang tajam, makanya mereka bisa memperlihatkan emosi juga.

Soal bencana alam, seseorang yang tinggal di dekat Galle, Sri Lanka, melaporkan bahwa kedua anjingnya pernah menolak untuk pergi ke pantai. 

Ajaibnya, beberapa hewan seperti kerbau, kambing, dan anjing ditemukan tidaklah tewas di pantai Cuddalore, India. Sedangkan ribuan orang kehilangan nyawa saat Tsunami 2004 lalu.

2. Gajah

2. Gajah Gajah juga nih, instingnya (conservationindia.org)

Saat sebuah gempa terjadi, umumnya gajah-gajah akan mengeluarkan suara dari belalainya seperti sedang meniup sangkakala.

Mamalia berbadan besar ini juga sempat membuat salah seorang pemiliknya di pantai Khao Lak, Thailand bingung. Sebab, para gajah itu sempat menangis. Di samping itu, Wit Aniwat, seorang pemilik gajah juga mengungkap bahwa gajah-gajah itu tak percaya pada pawang dan berlari ke arah bukit.

Gajah disebut bisa merasakan sesuatu yang akan terjadi karena gajah berbahasa lewat pendengaran infrasonik. Kita jelas gak bakal paham sama bahasa mereka.

Gajah bisa mendengar apa pun yang bernada rendah dari jarak puluhan meter. Manusia gak bisa mendengar itu kan? Hmm ....

3. Kuda

3. Kuda Kalo kuda berlari meninggalkan sebuah kawasan, berarti ... (humanesociety.com)

Kuda adalah hewan yang akan memilih untuk bergerombol dalam keadaan aman maupun tidak. Kuda ternyata punya insting yang tajam. Mereka mampu mendeteksi kondisi alam, terutama jika akan terjadi bencana.

Sejumlah ahli berpendapat, jika sekelompok kuda berlarian menjauhi sebuah lokasi, baiknya kita mewaspadai lokasi yang mereka tinggalkan itu.

4. Flamingo

4. Flamingo Flamingo juga bisa deteksi bencana alam (animalcorner.co.uk)

Pada Desember 2004 silam, kawanan flamingo meninggalkan lokasi mereka berkembang biak di Point Calimere, India. Mereka pergi ke tempat yang lebih tinggi. Dan setelahnya, tsunami benar-benar menyapu kawasan Sri Lanka dan banyak pantai di India.

Gelombang tsunami pada Desember 2004 itu menyapu sejumlah kawasan di India dan Si Lanka yang berasal dari gempa besar di Aceh, Indonesia. Ratusan ribu jiwa pun menjadi korban gulungan ombak tersebut.

5. Kelelawar

5. Kelelawar Kelelawar punya pendengaran ultrasonik malah (tgh.org)

Kelelawar juga bisa merasakan tanda-tanda sebelum bencana benar-benar terjadi di sebuah kawasan. Misalnya saat bencana tsunami 2004 lalu yang menyapu sejumlah negara di Asia dan menelan banyak korban jiwa.

Sekumpulan kelelawar terbang meninggalkan tempat mereka bersarang sebelum gulungan ombak besar itu menyapu bersih daratan. Kelelawar dan beberapa serangga memang dianugerahi pendengaran super. Makanya, mereka bisa membedakan suara ultrasonik yang tidak bisa didengar manusia.

Nah, itu dia beberapa bukti yang menyebutkan kalo hewan-hewan di atas bisa memprediksi bencana alam yang akan terjadi. Ya, pokoknya tetap waspada deh gengs.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations