Anti Tanggal Tua, Begini Cara Mengatur Gaji Bulanan dengan Metode 50/30/20

Anti Tanggal Tua, Begini Cara Mengatur Gaji Bulanan dengan Metode 50/30/20

Sebagian orang selalu merasa kesulitan ketika harus mengatur gaji bulanan  mereka. Bahkan ada gaji yang sudah habis di pertengahan bulan karena salah perhitungan. Kalau bingung, mungkin kamu bisa mencoba mengatur gaji bulanan dengan metode 50/30/20.

Strategi mengatur gaji dengan metode 50/30/20 sebenarnya cukup sederhana. Metode ini membuat kamu harus membagi gaji bulanan ke dalam tiga kategori besar, yaitu kebutuhan, keinginan, dan tabungan.

Sebanyak 50% dari pendapatan kita pakai untuk memenuhi kebutuhan. Kemudian 30% dipakai untuk keinginan dan 20% untuk tabungan. Buat kamu yang tidak terlalu suka dengan hitungan detail, kamu bisa mencoba metode 50/30/20 berikut ini.

Lantas seperti apa sih rincian hitungan dari masing-masing kategori yang sudah dibagi tiga bagian tadi? Ini penjelasannya.

50% Untuk Kebutuhan

Mengatur Gaji Bulanan (via Okezone)

Bagian 50% dari gaji kamu akan kamu gunakan untuk memenuhi semua kebutuhan kamu selama satu bulan. Kebutuhan itu termasuk biaya penting seperti bayar cicilan rumah, biaya makan, utilitas, asuransi, pembayaran hutang, cicilan kendaraan, keperluan sekolah anak, dan lainnya. Pastikan biaya kebutuhan ini tidak tercampur dengan biaya keinginan ya. Bisa berantakan nantinya.

30% Untuk Keinginan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"