Aneka Resep Seblak yang Nagih, Ini Cara Membuatnya!

Aneka Resep Seblak yang Nagih, Ini Cara Membuatnya!

Cara masak seblak yang enak tu gimana sih caranya. Yuk, intip resepnya.

Bagi kalian yang seneng makanan pedas, pasti tau seblak. Makanan ini termasuk yang lagi ngehits. Cara bikinnya juga nggak susah, loh.

Seblak (blog-masakan-indonesia.blogspot.co.id)

Kalo kalian ada waktu di rumah, yuk cobain resep-resep berikut ini.

1. Resep seblak khas Bandung

1. Resep seblak khas Bandung Seblak khas bandung (merdeka.com)

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur ayam
  • 1 buah sosis (bisa pake bakso)
  • 2 genggam kerupuk kanji (bisa pake kerupuk bawang kalo nggak ada)
  • 1 ruas kencur segar (atau 1 sdt bubuk kencur)
  • 5 buah cabe rawit (sesuai selera kalian)
  • 1 batang daun bawang diiris tipis-tipis
  • 3 butir bawang merah
  • 2 butir bawang putih
  • 1 butir kemiri (kalo suka)
  • Garam dan gula pasir secukupnya secukupnya
  • 1 sdm kecap manis
  • Kaldu bubuk secukupnya (jika suka)
  • Bawang merah goreng secukupnya (sebagai taburan)

Cara Membuat Seblak Basah Khas Bandung:

  • Pertama-tama, rendam kerupuk pake air mendidih sampai layu.
  • Tiriskan kerupuk dan lumuri pake minyak sayur agar kerupuk nggak lengket.
  • Haluskan bawang cabe rawit, kemiri, kencur merah, dan bawang putih.
  • Panasin minyak di wajan pake api sedang.
  • Tumis bumbu halus sampai ada bau harum.
  • Masukin sosis atau bakso yang udah dipotong-potong dan aduklah.
  • Kalo ada tumisan yang terlalu kering, tambahkan air sedikit.
  • Masukin telur ayam ke tumisan, aduk cepat agar nggak terlalu menggumpal.
  • Tambahin garam, gula, kaldu bubuk dan kecap manis.
  • Cicipi sesuai selera kalian. Lalu, tunggu hingga air menyurut.
  • Masukin kerupuk yang udah direndam sebelumnya. Kalo udah, aduk sampai tercampur rata sama bumbu.
  • Yang terakhir, masukin irisan daun bawang dan masak sampai airnya habis.
  • Nah, kalo udah, sajikan seblak khas Bandung ini pakai taburan bawang merah goreng.

2. Seblak makaroni pedas

2. Seblak makaroni pedas Seblak makaroni pedas (selerasa.com)

Bahan-bahan:

  • 3 sendok makan minyak buat numis
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kencur
  • 3-5 buah cabe rawit merah (atau sesuai selera kalian)
  • 250 gram makaroni
  • Air secukupnya
  • 1/2 sendok teh garam (atau sesuai selera kalian)
  • 1/2 sendok teh gula pasir (atau sesuai selera kalian)

Cara Membuat Seblak Basah Makaroni Pedas:

  • Makaroni harus direndam atau direbus dalam air panas dulu. Kalo udah kenyal atau setengah matang, tiriskan.
  • Panasin minyak dan tumislah bumbu halus (bawang merah, bawang putih kencur dan cabe rawit) hingga harum.
  • Masukin makaroni basah, garam dan gula pasir, aduk sampai rata.
  • Tes rasanya apakah udah enak belum.
  • Tuang 50 ml air, masak bentar aja sampai air surut dan bahan-bahannya matang.
  • Angkat dan sajikan.

Itulah dua resep seblak yang mudah dan dijamin nagih. Yuk, dicoba, gengs!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"