Anak Muda, Gini Lho Caranya Ngatur Keuangan Biar Nggak Kelilit Utang

Anak Muda, Gini Lho Caranya Ngatur Keuangan Biar Nggak Kelilit Utang

Namanya hidup emang kadang ada aja momen susahnya. Kalo soal keuangan, beberapa orang mungkin ngalamin kondisi pas bener-bener nggak ada uang, tapi butuh, terus ujung-ujungnya ngutang. Belom selesai disitu aja masalahnya. Yang punya utang nagih, nagih, dan nagih, terus kamu jadi bingung karena uang buat bayar utangnya memang belum ada. 

Mending kalo pinjamnya sama teman atau saudara, bisa lah mundur dikit berbekal belas kasihan, lah kalo kamu punya utangnya sama bank atau sama perusahaan, gimana tuh? Soalnya sekarang ngutang tuh makin gampang banget dan syaratnya pun nggak ribet, bisa dari model pinjaman online, kartu kredit, atau memanfaatkan fitur macam pay later di banyak situs belanja, pesan tiket, sampai transportasi online. 

Lalu gimana nih anak muda sebaiknya menyikapi kecanggihan teknologi yang berdampak pada semakin mudahnya ngutang sana-sini eh terus pusing sendiri karena kebanyakan tagihan? Jawabannya udah pasti balik lagi ke bagaimana kamu mengelola keuangan biar nggak kelilit utang.

Selalu catat semuanya (authorcentrix.com)

Selalu catat pemasukan dan pengeluaran

Mau udah berpenghasilan sendiri atau masih dapat uang jajan dari orang tua, mengatur keuangan tuh sama aja kok intinya. Kamu harus tau secara pasti berapa sih pemasukanmu dan berapa pengeluaran wajib.  Apa aja yang jadi pengeluaran wajib? Pastinya tiap orang berbeda ya, tapi yang pasti emang harus dibayar dan jumlahnya udah udah fix. Misalnya bayar kosan, bayar semesteran kuliah, atau cicilan kendaraan. 

Setelah itu, hitung deh sisanya ada berapa dan kamu bikin jatah buat biaya lain-lain kayak makan, belanja bulanan kalo anak kosan, biaya transportasi, dan laundry. Untuk biaya ini sebenernya bisa lebih fleksibel, jadi kamu bisa aja kan belanja, makan, dan pilih transportasi yang lebih murah? Terus uangnya bisa dialihin ke pos lain.

Bikin pos keuangan (money.usnews.com)

Jatah hiburan

Karena kamu udah berhasil ngirit di biaya lain-lain sebelumnya, uangnya bisa juga dialihin ke jatah hiburan alias entertainment. Intinya sih kamu boleh ngelakuin apa aja yang menyenangkan, termasuk nongkrong, ngopi, nonton film, nonton konser, liburan, dan belanja. Tapi pastiin semua tetap on budget ya. 

Ingatlah kalo berhemat dan pelit itu beda. Jadi kamu tetap bisa kok menikmati uangmu buat membeli sebuah kesenangan. Tapi ya nggak berlebihan juga ya! Terus kalo ada barang yang pengen kamu beli dan harganya lumayan mahal, uang dari jatah hiburan ini bisa dikumpulkan dulu sebagai tabungan, baru deh beli yang kamu pengen.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"