Anak Gadis Dilarang Menyentuh! Begini Mitos Patung Perawan Sunti di Goa Sunyaragi Cirebon

Anak Gadis Dilarang Menyentuh! Begini Mitos Patung Perawan Sunti di Goa Sunyaragi Cirebon

Di Indonesia masih banyak mitos-mitos bertebaran yang dipercaya sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan banyak mitos yang disangkutpautkan dengan peninggalan dari zaman dahulu. Salah satunya adalah mitos patung perawan Sunti di Goa Sunyaragi Cirebon.

Goa Sunyaragi berada di Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Bukan bangunan alam, goa ini dibangun oleh cicit Sunan Gunung Jati sekitar abad ke-16, yaitu Pangeran Mas Zainul Arifin.

Mitos Patung Perawan Sunti (via Correcto)

Uniknya, bangunan yang merupakan salah satu bagian dari Keraton Kasepuhan ini bentuknya tidak menyerupai goa, namun lebih mirip dengan bangunan candi yang disusun dari bebatuan karang. Hal ini jelas membuat banyak orang penasaran.

Pada tahun 1980 dilakukan ekskavasi pada gua ini dan ditemukanlah berbagai batu peninggalan sejarah yang masih terjamin keasliannya hingga sekarang, salah satunya patung perawan sunti di tengah kolam yang menyimpan mitos Goa Sunyaragi.

Konon katanya, patung perawan Sunti tidak boleh disentuh oleh perempuan yang masih perawan atau belum menikah. Banyak masyarakat yang percaya akan mitos ini. Dikatakan perempuan perawan yang menyentuh patung ini maka diyakini akan sulit mencari jodoh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"