Amerika Meledakkan Bom Atom Pertama, Penemunya Menyesal dan Menyerukan Kampanye Damai

Amerika Meledakkan Bom Atom Pertama, Penemunya Menyesal dan Menyerukan Kampanye Damai

Kisah bom atom yang popular adalah tragedi Hiroshima dan Nagasaki. Bom atom juga terkenal karena bentuk ledakannya yang lucu mirip ubur-ubur. Meski dampaknya gak main-main sih. Bom atom bisa melenyapkan satu kota tanpa sisa.

Tahu gak sih siapa penemu bom yang mematikan ini?

Penemu bom atom sebenarnya adalah Julius Robert Oppenheimer, dia adalah aktor utama sekaligus pemimpin dalam pembuatan bom atom yang berhasil diledakkan di kota Hiroshhima dan Nagasaki. Robert dijuluki sebagai 'Ayah Bom Atom'.

Robert Oppenheimer (imagejournal.org)

Bom atom termasuk senjata nuklir yang mematikan dan berbahaya. Tapi, tahu gak sih? Ternyata bom atom baru digunakan dua kali dalam peperangan. Pada Perang Dunia II oleh Amerika meledakkan bom atom yang pertama ke Hiroshima dan Nagasaki. Saat itu kekuatan bom atom yang digunakan sebesar 20 kilo ton TNT.

Kalau sekarang kekuatan bom atom berdaya ledak lebih dari 70 mega ton TNT. Luar biasa pasti dampaknya. Pakai yang 20 kilo ton TNT saja bisa memusnahkan satu kota. Gak kebayang deh kalau 70 mega ton TNT. Mungkin bisa satu negara kecil.

Ngeri banget deh!

Ledakan bom atom (sciencestruck.com)

Negara pemilik senjata nuklir yang dikonfirmasi sampai saat ini adalah Amerika Serikat, Rusia, Britania Raya, Prancis, Republik Rakyat Tiongkok, India, Korea Utara dan Pakistan. Kapan ya Indonesia punya?

Bom atom adalah senjata nuklir yang menghasilkan energi ledakan hanya dari proses reaksi fisi. Energinya hanya diproduksi dari inti atom.

Rencana untuk membuat bom uranium oleh negara-negara Sekutu dimulai sejak tahun 1939 ketika Albert Einstein menulis surat kepada Presiden AS Franklin D. Roosevelt. Einstein menyampaikan teori bahwa reaksi rantai nuklir yang tidak terkontrol memiliki potensi besar untuk dijadikan senjata pembunuh massal.

Meskipun Einstein terlibat dalam ide pembuatan bom nuklir, tapi yang lebih banyak mengerjakannya adalah Robert Oppenheimer. Dia meneliti pembuatan bom atom bersama dengan 3.000 ilmuwan fisika. Namun pada kahirnya dia menyesal udah meneliti dan membuat bom atom.

Pada 1940, pemerintah AS menyetujui dana sebesar 6.000 dolar untuk membiayai pembuatan bom atom itu. Makanya, Amerika adalah pihak pertama yang meledakkan bom atom.

Proyek bom atom ini disebut Manhattan. Menhabiskan dana jutaan dolar dan berlangsung selama lima tahun. Pengujian bom atom dilakukan di gurun New Mexico. 509th Composite Group dari Pasukan Udara Angkatan Darat Amerika Serikat dilengkapi dengan Boeing B-29 Superfortress khusus versi Silverplate mengangkut bom nuklir dari Tinian di Kepulauan Mariana.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"