Amalan Sebelum Tidur Ala Rasulullah

Amalan Sebelum Tidur Ala Rasulullah

Kita sebagai umat muslim yang taat sangat dianjurkan untuk mengikuti segala tingkah dan perbuatan Rasulullah. Karena dia adalah sang juru selamat hingga akhir zaman.

Apalagi masalah amalan sebelum tidur ala beliau, penasaran apa aja? Yuk kita simak bersama di sini.

Membaca Doa Sebelum Tidur

Membaca Doa Sebelum Tidur Membaca doa sebelum tidur (aswajamuda.com)

Part paling penting sebelum kita tidur ya membaca doa sebelum tidur gengs. Karena hal itu bisa dijadikan bekal, karena suatu kematian tidak tau kapan akan menghampiri kita kan?

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: 

“Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no. 6324).

Perbanyak Mengucapkan Istighfar

Perbanyak Mengucapkan Istighfar Istighfar (muslimah.or.id)

Dengan banyak-banyak mengucap istighfar maka jiwa dan raga kita akan terasa tenang, ditambah lagi segala dosa-dosa kita bisa diampuni oleh Allah SWT.

“Dan mohon ampunlah kamu kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Baqarah : 199)

“Wahai para hamba-Ku! Sesungguhnya kalian berbuat salah di malam dan siang hari. Dan Aku mengampuni dosa-dosa semuanya. Maka mintalah ampun kepada-Ku, Aku akan mengampunimu.” (HR. Muslim)

Perbanyak Membaca Dzikir Sebelum Tidur

Perbanyak Membaca Dzikir Sebelum Tidur Dzikir (ngopibareng.id)

Tahukah kamu membaca dzikir sebelum tidur adalah perbuatan sunah yang selalu dilakukan dan diajarkan oleh Rasulullah SAW.

“Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menyerahkan urusanku kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku kepada-Mu, karena senang (mendapatkan rahmatMu) dan takut pada (siksaanMu, bila melakukan kesalahan). 

Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari (ancaman)Mu, kecuali kepadaMu. Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan, dan (kebenaran) NabiMu yang telah Engkau utus.” (HR. Al-Bukhari no. 6313 dan Muslim no. 2710.)

Selain itu amalan Rasulullah yang lainnya adalah: 

  • Menjaga Diri Kita Untuk Tetap Dalam Keadaan Wudhu
  • Menjaga Kebersihan Tempat Tidur
  • Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas secara berurutan
  • Melakukan Ibadah Shalat Witir

Nah gimana? Cobain deh amalan sebelum tidur yang dilakukan Rasulullah, niscaya hidupmu akan berubah jadi indah.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"