Amalan Hari Jumat yang Membuat Dirimu Penuh Berkah

Amalan Hari Jumat yang Membuat Dirimu Penuh Berkah

Sering kita sebut hari Jumat adalah hari pendek. Ya karena hari Jumat adalah hari yang spesial. Apalagi buat umat Islam.

Apalagi bagi kaum laki-laki, wajib hukumnya datang ke masjid dan melaksanakan amalan salat jumat. Nah tapi gak cuma itu aja lho, sebenarnya ada beberapa amalan hari Jumat yang bisa memberikanmu berkah seharian, apa itu? Yuk kita simak di sini.

Bersih Diri

Bersih Diri (liputan6.com)

Untuk amalan hari Jumat yang pertama adalah membersihkan diri. Sebenarnya bukan berarti kita harus membersihkan diri pada hari Jumat aja gengs.

Tapi di hari Jumat ada amalan istimewa yang bisa kita kerjakan untuk mendapat keistimewaan pada hari Jumat, yaitu membersihkan diri dengan total, seperti mandi keramas, memotong kuku, dan sebagainya.

Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca Surat Al-Kahfi (islam.babe.news)

Kenapa membaca surat Al-Kahfi termasuk amalan hari Jumat yang istimewa gengs? Ya karena hal itu ada di dalam hadis.

Dari Abu Said Al Khudri, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah." Mantap kan!

Memperbanyak Berdoa

Memperbanyak Berdoa (daholi4tengku.wordpress.com)

Membaca doa termasuk serangkaian amalan hari Jumat yang wajib hukumnya. Karena pada hari ini doa-doa mustajab banget.

Karena semua sudah diriwayatkan dalam hadis, dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, "Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut." (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"