Amalan Hari Jumat yang Akan Membuat Hidupmu Bahagia dan Dekat Sama Allah

Amalan Hari Jumat yang Akan Membuat Hidupmu Bahagia dan Dekat Sama Allah

Berikut amalan hari Jumat yang harus kalian tahu.

Hari Jumat adalah hari raya bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia, makanya hari ini disebut-sebut hari yang istimewa.

Saking istimewanya hari ini maka banyak amalan hari Jumat yang mendatangkan banyak pahala bagi kaum muslim se-dunia.

Amalan hari Jumat

Seperti disebutkan dalam sebuah hadits, “Hari terbaik dimana matahari terbit di hari itu adalah hari Jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at” (HR. Muslim). Dan amalannya adalah:

Membaca Surat Al-Quran (uwaisabdulrasyid.wordpress.com)

Membaca Surat Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Falaq Masing-Masing 7 Kali

Ada sebuah tuntunan yang mengarahkan agar pada hari Jumat kita hendaknya membaca 3 surat penghujung Al-Quran.

Apa saja? Yaitu An-Nas, Al Falaq, dan Al-Ikhlas sebanyak 7 kali. Biasanya sih dilaksanakan setelah shalat Jumat yang dilakukan setelah melakukan salam.

Shalawat Nabi

Sebenarnya bershalawat kepada Rasulullah merupakan sesuatu yang harus kita lakukan kapanpun, namun pada hari Jumat memiliki keistimewaan yang lebih gengs.

Hal ini didasarkan pada sebuah hadits, “Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at.

Memperbanyak Berdo’a (Liputan6.com)

Memperbanyak Berdo’a

Hari Jumat adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa, apapun yang kau minta apabila bersungguh-suguh, pasti bakalan dikabulkan.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits, “Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jum’at lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca surat Al-Kahfi merupakan amalan hari Jumat yang dianjurkan. Hal ini dijanjikan perlindungan dari Dajjal.

Hal ini didasarkan pada hadits, “Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai.

Membersihkan diri (Servingjoy.com)

Membersihkan diri

Setiap hari Jumat kita diwajibkan untuk membersihkan diri dari potong kuku, rambut, bahkan sampai mandi sekalipun.

Hal ini didasarkan pada sebuah hadits, “Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Nah, sekarang udah pada tau kan kelima amalan hari Jumat, jadi kalau setiap hari Jumat tunggu apalagi ya gengs, segeralah amalkan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"