Aliran-Aliran Seni Rupa Dunia yang Berkembang di Indonesia

Aliran-Aliran Seni Rupa Dunia yang Berkembang di Indonesia

Seni rupa atau seni lukis di dunia memiliki banyak sekali ragamnya. Setiap aliran seni rupa ini dikembangkan oleh pelukis utamanya dan mempengaruhi banyak pelukis lain. Hingga akhirnya diakui sebagai salah satu aliran yang berdiri sendiri.

Pengaruh aliran ini juga sampai pada pelukis-pelukis nasional Indonesia. Mereka mengambil inspirasi lukisan tersebut untuk mengekspresikan jiwa artistiknya. Berikut ini adalah aliran-aliran seni rupa dunia yang pengaruhnya sampai ke pelukis Indonesia.

1. Realisme

1. Realisme Lukisan realisme (analisadaily.com)

Realisme merupakan aliran seni rupa yang menggambarkan objek dengan keadaan yang benar-benar nyata dan. Penggambaran objek pada realisme sangat memperhatikan detil. Kebanyakan dari aliran seni rupa realisme mengambil objek seperti manusia ataupun hewan dengan ekspresi yang terlihat hidup.

Pelukis luar negeri yang mempopulerkan aliran seni rupa realisme adalah Charles Prancois, Fransisco de Goya, Honore Daumier, dan Gustove Corbert.

Sedangkan seniman lukis Indonesia yang mempopulerkan aliran seni rupa realisme adalah Tarmizi dan Basuki Abdullah.

2. Ekspresionisme

2. Ekspresionisme Lukisan ekspresionisme (artnet.com)

Ekspresionisme merupakan aliran seni rupa yang lebih menekankan pada curahan batin pelukis secara bebas, baik dari segi imajinasi, batin, ataupun perasaannya. Ekspresi yang ditampilkan biasanya berupa ketakutan, kekerasan, kesedihan, kemiskinan, dan ekpresi manusia. 

Tak jarang aliran seni rupa ekspresionisme mengambil objek wajah manusia untuk menangkap ekspresi dan emosinya. Pelukis dengan gaya ekspresionisme antara lain Vincent Van Gogh, Ernest Ludwig, Emile Nolde, Paul Gaugiuin, Karl Schmidt, JJ. Kandinsky, dan Paul Klee.

Aliran ini berkembang di Indonesia olah tangan maestro aliran seni rupa ekspresionisme yakni Affandi, Popo Iskandar, dan Srihadi Soedarsono.

3. Naturalisme

3. Naturalisme Lukisan naturalisme (sahabatnesia.com)

Naturalisme merupakan aliran dalam seni rupa yang berusaha melukiskan sebuah objek persis dengan keadaan alam. Berbeda dengan realisme, narutalisme mencoba untuk melukis sama persis dengan yang dilihat oleh mata kita. Perspektif, proporsi, keseimbangan, dan pewarnaan. 

Kebanyakan dari aliran seni rupa naturalisme mengambil objek landscape atau pemandangan alam. Gerakan aliran naturalisme pelukis dunia dimotori oleh Theodore Rousseu, Franss Hall, William Bliss Baker, dan William Hogart.

Sedangkan pelukis Indonesia yang menggunakan aliran seni rupa naturalisme adalah Wakidi, Basuki Abdullah, Gambir Anom, dan Abdullah Sudrio Subroto.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"