Alasan Tentara Taliban Suka Pakai Sneakers Putih Saat Perang, Tetap Stylish

Alasan Tentara Taliban Suka Pakai Sneakers Putih Saat Perang, Tetap Stylish

Di balik kesangaran tentara Taliban di Afghanistan sejak akhir tahun 90-an sampai sekarang, kelompok prajurit satu ini  memiliki karakter yang unik. Para tentara Taliban diketahui memiliki kebiasaan yang berbeda dibandingkan pasukan peran dari seluruh dunia lainnya karena tampik cukup stylish.

Tentara Taliban diketahui hobi memakai sneakers warna putih dengan aksen kuning dan hijau pada bagian sisi luar sepatu. Sepatu itu dipadu-padankan dengan busana khas Afghanistan dengan corak yang khas Timur Tengah, plus membawa senjata api laras panjang di tangan.

New York Times membuat laporan bahwa sneakers tentara Taliban itu merupakan hasil produksi dari produk bernama Servis Shoes. Servis Shoes adalah produk yang memiliki pabrik di Pakistan. Jika diperhatikan dalam segi model memang ada kemiripan antara Servis Shoes dengan Nike atau Adidas.

Sneakers Servis Shoes (Twitter)

Para tentara Taliban justru menyebut sneakers yang mereka pakai dengan nama Cheetah bukan Servis Shoes. Sebutan Cheetah itu lantaran terkait dengan filosofi hewan Cheetah yang dikenal memiliki kecepatan dan nyali yang besar sebagai hewan buas. Mungkin para tentara merasa nyali mereka sebesar Cheetah ketika pakai sepatu itu.

Sneakers itu sudah mulai masuk ke Afghanistan pada tahun 1980-an dan sampai sekarang cukup mudah didapatkan di Kabul, Ibu Kota Afghanistan. Bahkan tak hanya produk asli, sneakers ini juga mulai dibuat versi "KW" nya asal China. Untuk sepasang sneakers itu memiliki harga berbeda-beda, dari mulai 13 USD - 25 USD atau Rp 187 ribu sampai Rp 360 ribu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"