Aksi 115: Soroti Konflik Israel, Palestina, dan AS

Aksi 115: Soroti Konflik Israel, Palestina, dan AS

Aksi 115 atau aksi pembebasan Baitul Maqdis dilaksanakan pada Jumat (11/5/2018) ini di Jakarta. Aksi tersebut dihadiri puluhan ribu orang yang mulai memadati kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, sejak pagi tadi.

Massa bahkan dikabarkan sudah berkumpul sejak Kamis malam di Masjid Istiqlal. Mereka mengenakan pakaian serba putih dan membawa atribut-atribut berbau Palestina seperti bendera dan syal. 

Mereka berjalan beriringan menyusuri wilayah dari Masjid Istiqlal hingga Lapangan Monas sekitar pukul 07.00 WIB. Akibatnya, sejumlah arus lalu lintas sempat tersendat, seperti di Jalan Veteran dan Jalan Medan Merdeka Timur.

kumparan

Aksi 115 ini merupakan aksi solidaritas yang digalang guna menyoroti konflik Palestina dan Israel. Pokok permasalahannya adalah perebutan bangunan suci atau Bautul Maqdis yang terletak di Yerusalem serta pemindahan kedutaan besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. 

Selain Monas, massa aksi yang ditargetkan mencapai 7,5 juta itu juga bergerak menuju Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jalan Medan Merdeka Selatan. Beberapa juga tampak membawa spanduk serta ikat kepala yang bertuliskan 'Stop Trump'.

alarabiya.net

Peserta aksi 115 juga bergerak ke Lapangan Monas kembali untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah. Bahkan Gubernur Anies Baswedan yang turut hadir dala aksi itu juga ikut melaksanakan salat Jumat bersama peserta aksi lainnya. 

Anies mengatakan, kehadirannya dalam gelaran aksi ini adalah bentuk komitmennya membantu perjuangan Palestina. Anies juga menyebutkan dalam pidatonya bahwa dunia akan melihat aksi untuk Palestina ini, dan menurutnya, acara yang dihadiri ratusan ribu orang ini telah menorehkan sejarah. Indonesia siap berkomitmen untuk membela umat Islam di Palestina.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"