Aksara Lampung Lengkap dan Fakta-Faktanya, Yuk Belajar!

Aksara Lampung Lengkap dan Fakta-Faktanya, Yuk Belajar!

Hayo, udah tau aksara lampung secara lengkap belum? Yuk, belajar bareng!

Daerah Lampung memiliki aksara tradisional juga loh. Kalo di Jawa ada aksara Jawa, di Lampung ada aksara Lampung, atau disebut juga dengan Had Lampung.

Buat kalian yang belum tau, aksara ini punya hubungan sama aksara Pallawa dari India Selatan. Aksara Pallawa diperkirakan masuk ke Sumatera saat masa kerajaan Sriwijaya.

Bentuk tulisannya pun unik sedikit mirip dengan Huruf Arab, dengan pakai tanda-tanda fathah pada baris atas dan tanda-tanda kasrah pada baris bawah. Tapi bedanya, nggak memakai dammah pada baris depan. Melainkan, pakai tanda di belakang yang masing-masing tanda punya nama tersendiri.

Konon aksara Lampung emang punya pengaruh dari Arab juga, nggak cuma dari India. Kemudian, aksara ini juga saudaranya aksara Sunda, Rencong, Rejang Bengkulu, dan Lontara. 

Aksara Lampung atau Had Lampung terdiri dari huruf induk, anak huruf, anak huruf ganda dan gugus konsonan, lalu ada lambang, angka dan tanda baca. Huruf Induk berjumlah 20 buah. Selain itu, penulisan dan cara bacanya yaitu dari kiri ke kanan. 

Hingga saat ini, aksara Lampung sebenernya udah ngalamin perubahan. Sebelumnya, aksara ini sangat kompleks. Tapi, kemudian disempurnakan sehingga jadi seperti yang sekarang ini. Aksara Lampung yang diajarkan di sekolah sekarang pun adalah jenis yang udah disempurnain.

Di era modern ini, bahkan sekarang ada usaha untuk komputerisasi aksara Lampung dengan software atau font. Jadi, kita bisa menulis aksara Lampung dengan pengetikan komputer.

Menurut Wikipeida, komputerisasi aksara Lampung awalnya dilakukan oleh Supriadi dan Hery Fajar Isnawan. Yang berikutnya lalu dikerjakan oleh Mohammad Yuzariyadi dengan sedikit penyempurnaan.

Sekarang, pemakaian Aksara Lampung nggak seumum penggunaan Huruf Latin. Huruf Latin lebih banyak dipakai oleh orang-orang di Lampung.

Penggunaan Aksara Lampung saat lebih banyak dipakai untuk menulis hal yang lebih bersifat pribadi kayak buku harian atau surat cinta. Aksara Lampung juga dipakai buat penulisan nama jalan di Provinsi Lampung. Lalu, penggunaan Aksara Lampung ada pada logo Provinsi, Kabupaten, dan Kota di Provinsi Lampung. 

Nah, sekarang yuk simak aksara lampung lengkap berikut ini.

1. Aksara lampung huruf induk

1. Aksara lampung huruf induk huruf induk (malahayati.ac.id)

2. Aksara Lampung anak huruf dan tanda baca

2. Aksara Lampung anak huruf dan tanda baca anak huruf dan tanda baca (malahayati.ac.id)

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"