Akan Membuatmu Menangis! Belalai Terjerat Pemburu Babi hingga Hampir Putus, Anak Gajah di Aceh Ini Pun Akhirnya Mati

Akan Membuatmu Menangis! Belalai Terjerat Pemburu Babi hingga Hampir Putus, Anak Gajah di Aceh Ini Pun Akhirnya Mati

Hutan di Provinsi Aceh merupakan salah satu habitat gajah liar. Namun, habitat gajah semakin sempit karena dijadikan perkebunan atau permukiman warga sehingga, gajah liar sampai tinggal di luar kawasan konservasi bahkan di luar hutan. 

Sampai-sampai, kerap terjadi konflik antara warga dengan gajah. Dalam beberapa kasus, gajah datang ke perkebunan atau permukiman warga untuk mencari makan. Bukan salah gajah, dong! Manusianya yang serakah, sih.

Ada juga kasus lain yang melibatkan gajah dan warga setempat. Misalnya, warga memasang penjerat untuk memburu. Terbaru, ada sebuah kasus yang viral, yakni ada seekor anak gajah betina yang belalainya terjerat jebakan sampai hampir putus. Walaupun sempat dirawat, anak gajah itu pun akhirnya mati karena luka pada belalainya parah. Duh, miris, ya! Bagaimana kronologi kejadian tersebut? Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini, ya.

Terjerat Perangkap Babi Hutan selama Beberapa Hari

Seperti yang diketahui sebelumnya, anak gajah yang berusia satu tahun itu dilaporkan sendirian di hutan. Rupanya, dia ditinggal oleh induk dan kawanan gajah liar di kawasan hutan Desa Alue Meuraksa, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. 

Warga setempat melaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bahwa ada anak gajah terluka pada Sabtu, 13 November 2021 lalu. 

Atas laporan tersebut, tim penyelamat yang terdiri dari dari berbagai pihak, di antaranya BKSDA Aceh, personel medis, dan masyarakat, baru bisa menemukan anak gajah keesokan harinya.

Anak Gajah yang Belalainya Terjerat Selama Beberapa Hari (Boombastis)

Belalai anak gajah terjerat jebakan untuk babi hutan yang dipasang oleh pemburu. Belalainya sampai hampir putus, hanya tinggal setengah saja. Pemburu biasanya memasang jebakan kemudian meninggalkannya. Mereka akan mengecek beberapa hari kemudian. Jadi kalau ada hewan lain yang terjerat, biasanya akan terluka parah sebelum ditemukan. Anak gajah ini pun diperkirakan sudah terjebak selama beberapa hari.

Diselamatkan dan Dirawat di Pusat Latihan Gajah

Kondisi anak gajah yang terluka parah, membuat ia harus dirawat di Pusat Latihan Gajah (PLG) Saree, Aceh Besar. Selama dirawat, kondisinya sempat membaik. Namun, infeksinya sudah menyebar karena lukanya sudah lama, sampai belalainya membusuk.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"