AC Alami, Ini 8 Jenis Tanaman Penyejuk yang Bikin Rumah Jadi Lebih Adem

AC Alami, Ini 8 Jenis Tanaman Penyejuk yang Bikin Rumah Jadi Lebih Adem

Tanaman nggak cuma menunjang keindahan interior, tetapi juga dipercaya dapat membersihkan udara di rumah kamu lho. Tanpa perlu pakai pendingin ruangan alias AC, menyegarkan rumah secara alami bisa kamu siasati dengan menanam tanaman yang bisa menyerap udara panas.

Jenis tanaman berikut ini mampu mengurangi suhu panas yang ada di lingkungan rumah. Hanya dengan menanamnya di dalam rumah, hunianmu akan menjadi lebih bersih dan sejuk. Apa aja? Mari simak ulasan berikut.

1. Sri Rejeki (Aglonema)

8 Jenis Tanaman Penyejuk yang Bikin Rumah Jadi Lebih Adem (Wikipedia)

Tanaman sri rejeki atau aglonema cukup populer di kalangan penyuka tanaman hias sebab memiliki banyak varietas. Tanaman ini berwarna umum merah, namun beberapa varietas memiliki warna keperakan pada bagian tengah daun.

Hal lain yang menjadi primadona dari tanaman ini adalah kemudahan dalam merawat dan daya tahannya. Aglaonema dapat tumbuh di dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan rendah dan udara yang lembap sekalipun.

Tanaman ini juga dikenal dengan kualitas penjernihan udara dan tingkat transpirasi yang tinggi, saat melepaskan air kembali ke atmosfer. Selain itu, aglonema hanya membutuhkan sedikit air dan sinar matahari, menjadikannya tanaman pemeliharaan rendah yang sempurna.

2. Palem Kuning

Aneka jenis tumbuhan palem, seperti palem jari, palem kuning, pakis, Livistona, dan Caryota mitis memiliki stoma kecil yang dapat menyerap karbon dioksida serta melepaskan oksigen. Semakin besar permukaan daunnya, kian banyak oksigen yang dihasilkan.

Nggak hanya indah dilihat, pohon palem juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan yang mungil sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk dan nyaman ketika cuaca sedang panas.

Rutin melakukan misting (pembasmian hama) secara mingguan dapat membuat tanaman ini tetap sehat dan meningkatkan kelembapannya.

3. Sirih Gading



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"