9 Desember: Gerakan Intifadhah Dimulai untuk Pertama Kali

9 Desember: Gerakan Intifadhah Dimulai untuk Pertama Kali

Gerakan Intifadhah yang Dimulai Pertama Kali pada 9 Desember 1987

Apa sih yang dimaksud dengan Intifadhah? Mungkin kalian sering mendengar istilah ini.

Intifadhah merujuk pada perlawanan dalam konflik Israel dan Palestina. Gerakan Intifadhah meliputi gerakan perlawanan buat rebut tanah Palestina pra-Israel.

Gerakan Intifadhah yang pertama kali dilakukan pada 9 Desember 1987. Asal mula Intifadhah yang pertama kali pemicunya ialah pembunuhan 6 anak secara kejam sama tentara Israel.

Intifadhah (pakesejarah.blogspot.com)

Dasarnya, peristiwa intifadhah sebenernya dilakukan karena para anak-anak muda Palestina yang berusia 15-20 tahun. Untuk membalas hal itu, pemuda-pemuda Palestina pakai batu-batu buat melawan tentara Israel.

Selanjutnya, alasan utama yang bikin gerakan perlawanan jadi heboh ialah karena keberanian mereka menentang pasukan Israel yang dilengkapi senjata modern nan mutakhir. Tetapi, pihak palestina cuma dilengkapi dengan senjata yang cuma batu-batu dan ban-ban bekas.

Intifadhah sendiri ngasih sumbangan paling besar dalam sejarah bangsa Palestina. Ini membuka mata dunia internasional kalo penderitaan bangsa Palestina di wilayah pendudukan Israel nggak boleh dibiarkan berlarut-larut. Peristiwa tersebut lalu jadi cikal bakal terbentuknya Hamas.

Gerakan Intifadhah (dw.com)

Nah, 9 Desember 1987 saat itu tentara Israel nembak-nembaki demonstran di Gaza. Ada sebanyak 16 orang luka-luka dan pemuda berumur 17 yang meninggal dunia.

Selanjutnya, pada 23 Desember 1987, Israel memberlakukan penangkapan demonstran Palestina. Akibatnya, ada lebih dari 18 orang yang ditahan.

Lalu, pada 12 Januari 1988, Israel menerapkan jam malam buat ngehukum orang Palestina secara kolektif gitu. Berdasarkan Data International Herald Tribune 1 September 1989, tercatat 23.092 demonstrasi terjadi di Palestina yang diduduki Israel sejak gerakan Intifada dimulai hingga akhir tahun 1988.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"