7 Unsur Kebudayaan yang Membentuk Masyarakat Secara Universal

7 Unsur Kebudayaan yang Membentuk Masyarakat Secara Universal

Dalam berbagai model masyarakat, terdapat hal-hal yang bersifat universal. Salah satunya adalah kebudayaan. Dalam kebudayaan ini terdapat 7 unsur yang selalu ditemukan di setiap masyarakat. Lantas apa saja 7 unsur kebudayaan tersebut?

1. Bahasa

Bahasa menjadi unsur yang penting dalam kebudayaan masyarakat. Pasalnya bahasa menjadi alat perantara yang paling utama bagi manusia untuk membangun sekaligus mewariskan kebudayaan ke generasi selanjutnya. Terdapat dua bentuk bahasa, yakni bahasa lisan dan bahasa tulisan.

Orang bertutur kata dengan orang lain (zettamedia.co)

2. Sistem Pengetahuan

Dalam 7 unsur kebudayaan, sistem pengetahuan menjadi elemen penting bagi masyarakt untuk bertahan dalam kondisi alam di sekitarnya. Sistem pengetahuan meliputi flora dan fauna, ruang pengetahuan tentang alam sekitar, waktu, ruang dan bilangan, perilaku manusia, serta peralatan yang digunakan.

3. Sistem Kemasyarakatan atau Organisasi Sosial

Sekelompok masyarakat yang tinggal bersama, membutuhkan aturan bersama agar kehidupan menjadi harmonis. Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial meliputi kekerabatan, asosiasi, sistem kenegaraan, sistem kesatuan hidup, dan perkumpulan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"