7 Tips Motivasi untuk Mendisiplinkan Diri Menabung Secara Rutin

7 Tips Motivasi untuk Mendisiplinkan Diri Menabung Secara Rutin

Mau mulai menabung tapi kamu susah banget rasanya mau mulai. Ada aja yang harus dibeli dan kebutuhan lain. Terus kamu heran, kok ada ya orang yang bisa menabung dengan gaji yang sama?

Nah, untuk bisa mulai menabung, kamu bisa melakukan langkah-langkah ini gengs. 7 Tips motivasi untuk mendisiplinkan diri menabung.

1. Tetapkan tujuan kamu menabung

Tetapkan tujuan kamu menabung (cleverdime.com)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui apa yang benar-benar kamu butuhkan, secara finansial. Menetapkan tujuan keuangan seperti apa yang ingin dicapai dengan mengikuti tujuan jangka panjang dan pendek, sangat membantu dalam membentuk strategi yang jelas dan efektif untuk akhirnya memulai menabung.

2. Bersikap realistis

Menetapkan sasaran yang tinggi akan menghambat tujuan realistismu untuk menabung. Misalnya kamu akan mengalokasikan 50% dari pendapatan untuk menabung.

Apakah itu realistis dan kebutuhan harianmu cukup? Jangan sampai ini justru membuatmu kesusahan dan akhirnya jadi gak konsisten. Tetapkan tujuan yang realistis dulu aja yang penting kamu bisa melakukannya dengan rutin.

3. Bersabarlah

Bersabarlah (successiblelife.com)

Namanya juga menabung kan ya gengs? Sedikit demi sedikit mengumpulkan uang perlu kesabaran. Apalagi kalau yang kamu butuhkan cukup banyak untuk membeli sesuatu yang mahal.

Kesabaran adalah kunci gengs. Kamu harus menetapkan waktu minimal. Jangan diambil terus apa yang udah kamu tabung

5. Ubah gaya hidup

mau nabung tapi gaya hidup selangit?? Duh, kamu harus ubah gaya hidup kalau selama ini uangmu banyak yang habis buat main dan jalan-jalan.

Coba kamu lihat catatan keuangan, kala belum ada ya harus dicatat. Kemana uang mengalir selama ini. Kurangi hal-hal yang gak penting dan gak terlalu penting. Shoping misalnya yang cuma buat gaya-gayaan.

Kecuali gaya hidupmu itu bisa menghasilkan uang.

6. Pikirkan masa depan dan spesifik



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"