7 Senjata Nuklir dengan Ledakan Paling Besar yang Pernah Ada

7 Senjata Nuklir dengan Ledakan Paling Besar yang Pernah Ada

Senjata nuklir adalah jenis senjata yang mematikan. Ledakannya gak cuma bisa membungihanguskan satu kota. Tapi bayak kota sekaligus dalam skala yang sangat luas. Tragedi nuklir yang masih tercatat dalam sejarah adalah Hiroshima dan Nagasaki.

Ada beberapa jenis senjata nuklir dengan daya ledakan yang sangat kuat dan besar. Berikut ini 7 senjata yang terbesar ledakannya dan paling kuat.

Bom nuklir besar (simplerocket.com)

1. Tsar Bomba (bom hidrogen RDS-220) - 50Mt

Bom hidrogen RDS-220, juga dikenal sebagai Tsar Bomba, adalah bom nuklir termo terbesar dan paling kuat yang pernah dibuat. Itu meledak oleh Uni Soviet pada 30 Oktober 1961 di Pulau Novaya Zemlya di Laut Arktik Rusia.

Bom hidrogen itu dijatuhkan udara oleh pembom Tu-95 menggunakan parasut retardasi yang besar. Ledakan terjadi 4 km di atas tanah menghasilkan 50 juta ton setara dengan daya ledak dari ledakan simultan 3.800 bom Hiroshima.

Tsar Bomba berisi tiga tahap, gak kayak senjata termonuklir normal yang meledak hanya dalam dua tahap. Sementara penambahan tahap ketiga meningkatkan daya ledak termonuklir.

2. Bom nuklir B41 - 25Mt

B41 atau Mk-41 dengan hasil 25Mt adalah senjata termonuklir paling kuat yang pernah dikirimkan oleh Amerika Serikat. Sekitar 500 bom diproduksi antara tahun 1960 dan 1962, tetap beroperasi, hingga Juli 1976.

Pengembangan Mk-41 dimulai pada tahun 1955 untuk memenuhi persyaratan Angkatan Udara AS untuk Kelas B (£ 10.000), senjata termonuklir hasil tinggi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"