7 Desember: Wahana Luar Angkasa Galileo Tiba di Jupiter, Berikut Fakta-Faktanya

7 Desember: Wahana Luar Angkasa Galileo Tiba di Jupiter, Berikut Fakta-Faktanya

Taukah kalian tentang wahana luang angkasa Galileo? Ini merupakan proyek untuk mencapai Planet Jupiter. Proyek Galileo menjadi usaha lanjutan setelah NASA berhasil mencapai orbit bumi dan bulan sebelumnya.

Nah, wahana luar angkasa Galileo sendiri sukses mencapai Planet Jupiter pada 7 Desember 1995. Perjalanannya membutuhkan 6 tahun dari Bumi. Wahana Galileo kemudian tercatat sebagai yang pertama mencapai Jupiter.

Wahana luar angkasa Galileo (idntimes.com)

Yuk, simak fakta-faktanya sebagai berikut:

1. Terinspirasi dari Galileo Galilei

Siapa sih yang nggak tau Galileo Galilei? Dia adalah astronom dan fisikawan dari Italia yang hidup dari tahun 1564 hingga 1642. Ia juga orang pertama penemu teleskop. 

Dengan teleskop Galileo, ia menemukan 4 bulan besar Jupiter. Penemuannya itu akhirnya menyadarkan ajaran umum orang-orang yang percaya kalo semua benda langit mengitari bumi. Nah, penamaan wahana Galileo terinspirasi dari Galileo Galilei.

2. Berawal dari kerjasama internasional

wahana luar angkasa Galileo (pixcove.com)

Proyek wahana luar angkasa Galileo awalnya yaitu dari kerjasama berbagai negara. Misi ini telah disetujui sama Kongres AS pada 1977. Negara yang terlibat ialah Amerika Serikat, Jerman, Kanada, Inggris, Prancis, Swedia, Spanyol, dan Australia.

3. Kecepatan luar biasa

Wahana luar angkasa Galelo menempuh perjalanan sejauh lebih dari 3 miliar km. Wahana ini meluncur dari bumi pada 18 Oktober 1989. Saar masuk atmosfir Jupiter, Galileo punya kecepatan 17.0590 km per jam. Kecepatan ini adalah yang tercepat dari semua objek yang pernah dibuat manusia. 

Jika diibaratkan mengelilingi bumi, orang bisa berkeliling melintas katulistiwa dalam 14 menit saja. Keren kan gengs?

4. Menangkap gambar lain dan asteroid

Galileo jadi pesawat pertama yang menangkap permukaan Venus tanpa radar. Kemudian pada 19 Februari 1989, Galileo juga mengamati Benus pakai kamera inframerah. Melalui kamera, terlihat ada pegunungan, lembah atmosfir, dan awan Venus.

5. Berhenti beroperasi pada 2003



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"