7 Cara Agar Makin Pintar dan Keliatan Pintar, Bisa Dicoba Nih ...

7 Cara Agar Makin Pintar dan Keliatan Pintar, Bisa Dicoba Nih ...

Siapa sih yang nggak mau jadi pintar? Tapi karena kesibukan, kita jadi nggak punya banyak waktu buat belejar hal baru atau nambah wawasan.

Terus gimana sih caranya agar tambah pinter atau paling nggak keliatan pinter? Simak tips-tipsnya berikut ini gengs.


1. Banyak baca berita

Membaca akan bikin kita tambah pinter. Ini nggak bisa dipungkiri, semua orang pasti udah tau.

Coba deh baca berita terkini lewat smartphone kalian. Hal ini selain nambah wawasan, kalian jadi nggak ketinggalan trend. Kalo diajak ngobrol orang lain bisa nyambung juga.

2. Memanfaatkan waktu online dengan baik

2. Memanfaatkan waktu online dengan baik Manfaatkan waktu online kalian gengs~ (bbc.com)

Saat kalian lagi aktif di dunia maya, jangan cuma habisin waktu buat scroll instagram, liat meme, dan video-video lucu aja. Coba deh sempatkan buat baca blog-blog berguna. Atau, ikuti kursus online.

Selain itu, bisa juga dengan nonton video-video tutorial buat nambah skill kalian. Tontonan kayak TED Talks juga bisa menginspirasi kalian. Pokoknya isi waktu kalian dengan hal-hal yang berfaedah.


3. Tulis hal baru yang udah dipelajari

Tiap kalian dapet ilmu baru coba deh sempetin buat nulis hal itu di catetan dengan tulis tangan. Lebih baik ditulis pake tangan daripada komputer. Soalnya, saat kamu nulis di kertas, syaraf motorik kalian juga akan ikut bekerja dan bikin kalian gampang inget.

4. Jelasin ke orang lain

4. Jelasin ke orang lain Ngobrollah, jangan diem aja ... (gymjunkies.com)

Albert Einstein pernah bilang, "Jika kamu tidak bisa menjelaskan satu hal dengan sederhana, itu artinya kamu belum benar-benar memahaminya."

Nah, selain dicatet kalian bakal makin paham lagi kalo jelasin ke orang lain. Orang lain yang kalian ceritain pun bisa nambah ilmu.


5. Main game yang ngasah otak

Saat ini ada banyak game yang bisa buat ngasah otak. Kayak game tebak-tebakan, game strategi, puzzle, scrabble, dan lain-lainnya. Coba deh browsing di Play Store atau App Store dan temukan game-game asah otak yang menarik.

6. Berteman sama orang pinter

6. Berteman sama orang pinter Berteman dengan orang pintar (blog.gust.com)

Kalian jangan minder punya temen-temen yang pinter. Justru kalian bakal ketularan pinternya, loh.

Mereka bisa ngajak kalian ngobrolin hal-hal yang nambah wawasan kalian. Selain itu, kalian jadi tau kebiasaan-kebiasaan dan sikap mereka yang bikin mereka jadi pinter. Nah, coba deh amati, sapa tau kalian akan terinspirasi.


7. Coba hal baru

Mencoba hal baru bakal bikin kalian tambah pinter. Coba aja ikut kursus buat nambah skill baru. Atau, belajar hal baru secara online. Siapa tau, skill ini nantinya bakal berguna buat kalian di dunia kerja setelah lulus sekolah atau kuliah.

Itulah beberapa cara agar pintar yang bisa kalian tiru, gengs. Selamat mencoba dan semoga tambah pintar dan cerdas ya!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"