7 Budaya Asli Indonesia yang Pernah Di Klaim Negara Tetangga, Bahkan Rendang Juga Diklaim

7 Budaya Asli Indonesia yang Pernah Di Klaim Negara Tetangga, Bahkan Rendang Juga Diklaim

Negara-negara yang masih dalam satu rumpun bisa banget punya budaya yang mirip. Karena berasal dari nenek moyang yang mungkin sama atau masih dekat di masa lalu.

Kebudyaan yang sudah disahkan milik suatu negara baru bisa dianggap sah milik negara itu dan khas. Jika sudah diklaim, maka ketika digunakan pihak lain tetap saja asalnya dari negara yang sudah mengesahkan secara internasional.

Budaya dan karya makanya perlu banget didaftarkan kepemilikannya biar gak sembarangan dipakai orang dan diklaim. Selain batik, ada beberapa budaya kita yang diklaim negara lain loh gengs.

Berikut ini beberpa budaya Indonesia yang diklaim sama negara lain gengs:

1. Lagu Rasa Sayange

Lagu rasa sayange (Youtube Dongeng Kita)

Rasa sayange... rasa sayang sayange....

Tahu lagu ini gak gengs? Lagu ini pernah digunakan Malaysia dalam iklan wisata mereka. Gak cuma itu juga diklaim sebagai lagu asli negeri Jiran itu. Perdebatan berakhir ketika Malaysia mengaku kalau itu milik Indonesia. Kebenaran ini diungkap sama Menteri Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Budaya Malaysia Rais Yatim yang mengakui lagu rasa sayange milik Indonesia.

2. Angklung

Sama nih masih berkonflik sama negara tetangga. Angklung juga sempat diklaim gengs. Perdebatan berakhir ketika angklung terdaftar sebagai karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO tahun 2010.

3. Reog Ponorogo



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"