7 Alasan Kenapa Kamu Harus Memaafkan Musuhmu dan Memulai Lembaran Baru

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Memaafkan Musuhmu dan Memulai Lembaran Baru

Memaafkan bukan berarti bahwa kamu membiarkan orang lain melakukan kesalahan berulang kali kepadamu. Memaafkan berarti kamu melepaskan gagasan balas dendam terhadap orang yang melakukan kesalahan padamu. Ketika kamu memaafkan, itu artinya kamu mencari keadilan bukan berusaha menyakiti. Itu perbedaan penting.

Kalaupun kamu pada akhirnya memaafkan musuhmu, bukan hanya hubungan kalian yang diuntungkan. Kamu dan orang di sekitarmu pun akan merasakan manfaatnya. Jadi mari kita lihat 8 alasan kenapa kamu harus memaafkan musuh yang paling buruk sekalipun.

1. Kamu Akan Jadi Contoh Baik

Memaafkan orang lain tidak hanya baik untuk diri sendiri tapi juga orang lain (tribunnews.com)

Setiap kali seseorang berbuat salah kepadamu, kamu punya pilihan: balas dendam atau kebaikan. Memilih kebaikan adalah sesuatu yang bisa mengubah dunia menjadi lebih baik, dan salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kebaikan itu adalah dengan membuat kebiasaan memaafkan.

2. Kamu Akan Merasa Damai dengan Nilai yang Kamu Junjung

Kebanyakan dari kita memiliki beberapa bentuk sistem nilai moral. Dan ketika kita membuat keputusan yang bertentangan dengan sistem nilai kita, kita menempatkan diri kita dalam keadaan tidak nyaman.

Belajarlah untuk memaafkan bahkan musuh terburuk, sehingga kamu akan menempatkan dirimu sejalan dengan nilai-nilai yang kamu junjung. Entah kamu mengaitkan kedamaian ini dengan psikologi atau spiritualitas atau keduanya.

3. Stressmu Akan Berkurang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"