6 FAKTA UNIK Air Force One, Pesawat Kepresidenan AS yang Membawa Joe Biden ke Bali

6 FAKTA UNIK Air Force One, Pesawat Kepresidenan AS yang Membawa Joe Biden ke Bali

Presiden Amerika Serikat Joe Biden resmi mendarat di Bali, Indonesia pada Minggu (13/11) untuk menghadiri pertemuan KTT G20 yang berlangsung pada 15-16 November 2022. Biden menumpang pesawat kepresidenan Amerika Serikat yang bernama Air Force One.

Pesawat berukuran besar itu memang mencuri perhatian kala mendarat sempurna di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sekitar pukul 19.30 WITA usai terbang dari Kamboja. Air Force One memiliki banyak kisah yang cukup unik. Berikut 6 fakta unik pesawat yang menjadi bagian dari sejarah setiap presiden di Amerika Serikat. 

Warna Pesawat

Air Force One memiliki warna biru dan putih. Ternyata pemilihan warna biru pada body pesawat bukan tanpa alasan loh. Warna biru dipilih karena biru jadi warna kesukaan dari istri John F Kennedy,Jackie Kennedy. Sebagai ibu negara, Jackie memastikan bawa pesawat bisa mewakili sosok dari suaminya. Desainnya pun dirancang agar tidak terlalu militer. 

6 FAKTA UNIK Air Force One, Pesawat Kepresidenan AS yang Membawa Joe Biden ke Bali (Fly News)

Bukan Nama Pesawat

Air Force One hanya istilah dan bukan nama pesawat. Istilah itu digunakan untuk pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat yang sedang berdinas membawa Presiden Amerika Serikat. Pesawat yang ditumpangi Biden ke Bali adalah seri Boeing 747-200B. Untuk pesawat kepresidenan, Amerika Serikat memiliki 2 unit pesawat.

Fasilitas Mewah

Dilihat dari luar saja Air Force One memiliki ukuran yang besar. Makanya di dalam pesawat ada fasilitas mewah. Ada kantor besar, kamar tidur, kamar mandi, dan ruang untuk melakukan pertemuan atau konferensi yang cukup besar. Ada juga ruang pemeriksaan khusus dokter, hingga dapur untuk menyiapkan makanan untuk Presiden dan orang yang naik pesawat itu.

Bisa Isi Bahan Bakar di Udara

Pesawat ini juga memiliki keunikan yakni bisa mengisi bahan bakar di udara ketika sedang terbang. Jadi pesawat tidak perlu turun untuk mengisi bahan bakar. Namun sampai sekarang pilot pesawat belum pernah melakukan hal tersebut, apalagi saat sedang membawa Presiden melakukan isi bahan bakar di udara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"