6 Desember: Santo Nikolas dari Myra Wafat, Berikut Sejarah Hidup Beliau

6 Desember: Santo Nikolas dari Myra Wafat, Berikut Sejarah Hidup Beliau

Sejarah Santo Nikolas dari Myra yang Wafat pada 6 Desember

Santo Nikolas ialah orang suci yang dikenal karena sifatnya yang baik dan mulia. Selain itu, ada beberapa mukjizat yang pernah ia lakukan.

FYI, sebenernya tokoh Santa Claus atau Sinterklass adalah sekularisasi dari Santa Nikolas. Yuk, intip biografi singkat Santa Nikolas.

Nikolas lahir di Asia kecil pada abad ketiga di Kota Patara (Lycia dan Pamfilia). Ia tinggal di Myra, Lycia yang saat ini merupakan wilayah Demre, Turki. Pada waktu itu, daerah Myra masuk bagian dari provinsi di kekaisaran Romawi. 

Santo Nikolas dari Myra (hkytegal.org)

Orang tua Nikolas adalah pedagang kayak raya di Yunani. Ayahnya bernama Epifanus dan ibunya bernama Johan.

Sejak kecil, Nikolas emang suka sama hal-hal keagamaan. Sejak umur 5 tahun, konon Nikolas udah rajin puasa di hari Rabu dan Jumat.

Setelah orang tuanya meninggal karena wabah penyakit, Nikolas pakai seluruh warisannya buat amat. Kebanyakan untuk menolong fakir miskin. 

Santo Nikolas dari Myra (budak-bangka.blogspot.com)

Ia tinggal dengan pamannya yang juga bernama Nikolas. Pamannya adalah uskup di Kota Patara. Dari pamannya, Nikolas juga belajar banyak hal. Dia juga ditasbihkan sebagai seorang imam oleh pamannya.

Nah, selama jadi imam, Nikolas pernah berziarah ke Tanah Suci Yerusalem. Kembali dari ziarah, ia jadi uskup kota Myra, ibu kota provinsi Lycia.

Sebagai imam, Nikolas tetap menjadi sosok yang dermawan, suka membantu dan membela fakir miskin, dan saleh. Ia juga kerap mendapatkan mukjizat. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"