5 Trik Menolak Kawan Pinjam Uang Agar Pertemanan Tetap Harmonis

5 Trik Menolak Kawan Pinjam Uang Agar Pertemanan Tetap Harmonis

Sering kita temui dalam keseharian ada teman yang meminjam uang. Mulai dari teman dekat, teman di lingkungan keseharian, hingga teman di masa lalu kita. Namun kadang pikiran kita terjebak bagaimana cara penolakan yang tepat agar mereka tak tersingung atau pertemanan kita menjadi terganggu.Apa yang harus dilakukan?

1. Tanya Keperluan

Tentunya kita wajib tahu untuk apa teman kita meminjam uang. Apakah memang ada keperluan mendadak atau memang ada hal-hal lainnya. Setidaknya dengan bertanya kita bisa merasakan kesulitan yang sedang teman hadapi. Setidaknya kita jangan langsung menolak saat dia baru mengutarkaan niat pinjam uang.

2. Minta Waktu

Ketika teman sudah menjelaskan alasannya meminjam uang, kita bisa juga meminta waktu untuk berpikir apakah akan meminjamkan atau menolak. Waktu berpikir sekitar 1 hari atau 24 jam dirasa cukup untuk membuat keputusan. Setidaknya selama itu kamu bisa berpikir untuk mencari alasan yang tepat jika memang tak bisa pinjamkan uang.

Ilustrasi Teman Pinjam Uang (Merdeka.com)

3. Jelaskan dengan Baik Bila Tidak Bisa Pinjamkan

Jika memang kamu sudah yakin untuk tidak bisa pinjamkan uang, berikan alasan yang masuk akal. Misalnya saat ini kamu sedang menabung untuk membeli barang atau melakukan kegiatan lain yang membutuhkan uang cukup banyak. Dengan alasan logis akan  membuat temanmu bisa menerima hal tersebut.

4. Berikan Solusi

Saat menolak memberikan uang bukan berarti kamu langsung meninggalkan temanmu. Sebaiknya kamu bisa memberikan bantuan dengan solusi lain misalnya mencoba cara lain agar temanmu bisa mendapatkan uang. Misalnya coba menjual barang-barang bekas yang kini sudah tak terpakai lagi mungkin bisa dijadikan alternatif.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"