5 Tradisi Lebaran di Dunia, Unik dan Jarang Diketahui Orang

5 Tradisi Lebaran di Dunia, Unik dan Jarang Diketahui Orang

Beberapa minggu lagi Lebaran akan tiba. Di Indonesia, ada dua tradisi yang selalu dijalankan masyarakat Indonesia saat Idul Fitri, yakni tradisi mudik dan silaturahmi.

Dua hal itu berkaitan dengan makna Idul Fitri itu sendiri. Fitri berarti suci atau bersih dari segala dosa. Sedangkan Lebaran merupakan singkatan dari lebar-lebur-luber-labur. Artinya, dosa melebur, luber pahalanya, labur itu adalah bersih. 

Itulah yang melatarbelakangi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk mengisi Idul Fitri dengan silaturahmi. Agar dosa dan kesalahan yang sudah dilakukan dengan orang lain bisa dimintakan maaf dan menuju hati yang lebih bersih.

Tradisi lebaran gak cuma dimiliki Indonesia aja. Berbagai negara pun memiliki cara tersendiri untuk merayakan Idul Fitri. Nah, berikut adalah 5 tradisi lebaran di dunia. Simak, bray.

Salat Ied (theculturetrip.com)

Seker Bayram

Tradisi ini dilakukan warga negara Turki saat Idul Fitri. Arti dari Seker Bayram adalah Festival Manisan atau festival Sweets.

Biasanya, tradisi ini dijalani setelah pertemuan keluarga. Dan saat tradisi ini dilakukan, anak-anak bakal menerima beragam manisan lokal Turki.

Lahore

Di Pakistan, setiap Idul Fitri tiba, para wanita akan menghias tangannya dengan pacara tradisional. Hiasan tangan itu dilakukan sebelum mendatangi lokasi penyelenggaraan Salat Ied. 

Setelah itu, para wanita akan bertukar sapa dan berpelukan dengan pengunjung wanita lainnya. Semua yang datang mendapat giliran secara bergantian. 

Kontes gulat

Kontes gulat (tribunnews.com)

China memiliki Xinjiang sebagai daerah yang dihuni oleh umat muslim. Daerah ini juga disebut sebagai Daerah Otonomi Uighur.

Sebagai daerah yang diisi umat muslim dalam jumlah besar, masyarakat Uighur memiliki cara unik yang membuatnya jadi salah satu tradisi lebaran di dunia. 

Setiap Idul Fitri, masyarakat di daerah ini akan merayakannya dengan mengadakan kontes gulat. Menyenangkan, ya?

Lomba balapan unta

Arab Saudi juga memiliki tradisi lebaran yang tak kalah unik dari negara lain. Di kota Abu Ajaj yang terletak di barat laut Riyadh, masyarakat setempat selalu mengadakan perlombaan unta sebagai perayaan Idul Fitri.

Singapura

Mengunjungi makam (tribunnews.com)

Hampir mirip dengan rakyat Indonesia, Idul Fitri dijadikan oleh masyarakat Singapura sebagai momen untuk mengunjungi makam dari keluarga atau orang-orang tercinta yang sudah tiada. 

Nah, itulah 5 tradisi lebaran unik di dunia. Jadi, jangan bilang kalo cuma Indonesia yang memiliki tradisi lebaran aja, ya. Memang benar kalo Indonesia adalah negara dengan jumlah penganut Islam terbesar di dunia. Tapi, bukan berarti di negara lain, yang penganut agama Islamnya berjumlah sedikit, gak memiliki tradisi apa pun. Apalagi terkait dengan hari raya seperti Idul Fitri.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"