5 Tips Menghibur Teman yang Sedang Berduka, Biar Gak Salah Ngomong

5 Tips Menghibur Teman yang Sedang Berduka, Biar Gak Salah Ngomong

Ditinggal keluarga atau sosok terdekat membuat seseorang sedih. Kita pun berusaha untuk menghibur orang tersebut. Namun jangan sampai salah mengutarakan kata-kata karena malah bisa membuat orang yang sedang berduka jadi sedih atau marah. Tips menghibur teman yang sedang berduka harus diketahui.

Belum lama ini artis Komeng mengucapkan rasa duka mendalam kepada Abdel Achrian yang baru saja ditinggal putri pertamanya. Ucapan Komeng dinilai bercanda dan tidak serius sehingga membuat warganet terkejut. Berikut ini ada 5 tips menghibur teman yang sedang berduka.

Menghormati Perasaannya

Orang yang sedang berduka pasti memiliki kesedihan yang cukup berat. Sebagai teman, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menghormati perasaannya. Jadi usahakan kita memiliki empati dan simpati yang besar kepada mereka yang sedang berduka.

Tips Menghibur Teman yang Sedang Berduka (Popmama.com)

Jadi Pendengar yang Baik

Tips menghibur teman yang sedang berduka adalah dengan mendengarkan apa yang ingin diutarakan. Misalnya teman kita sangat sedih. Jadilah pendengar yang baik. Jangan sekali-sekali menghakimi orang yang sedang berduka. Misalnya bertanya  “kenapa menangis terus?” atau “sudahlah ini sudah takdir”. Pernyataan itu malah membuat orang yang berduka akan kecewa.

Mengirimkan Makanan

Mengirimkan makanan bisa menjadi cara untuk menghibur teman yang berduka. Cobalah mengirim makanan kepada orang tersebut, bagusnya lagi makanan yang memang disukai orang itu. Mengirimkan makanan adalah bentuk perhatian yang baik untuk teman yang sedang berduka. 

Ajak Berpergian

Mengajak berpergian keluar rumah mungkin bisa sedikit menghibur teman yang sedang berduka. Terlalu lama berada di rumah bisa membuat orang itu akan terus bersedih karena mengenang sosok orang yang baru meninggal. Tentu momen berpergian itu dilakukan selang beberapa hari setelah proses pemakaman selesai.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"