5 Tips Memilih Laptop Kerja untuk Para Profesional

5 Tips Memilih Laptop Kerja untuk Para Profesional

Saat ini beredar beragam jenis laptop sesuai dengan kebutuhan konsumen. Para gamer tentu memiliki tipe laptop andalan yang berbeda dengan mereka yang profesinya desain grafis. Mahasiswa yang hanya mengerjakan tugas juga sudah puas dengan notebook yang tipis dan sederhana.

Bagi kamu para pengguna profesional yang menggunakan laptop untuk bekerja, tentu akan dapat menikmati manfaat lebih jika memilih laptop yang memang dirancang untuk keperluan bisnis. Kamu bisa lebih produktif dalam bekerja. 

Berikut lima tips memilih leptop untuk para profesional.

1. Spesifikasi Laptop

1. Spesifikasi Laptop NVIDIA QUADRO untuk tugas rendering grafik 3D atau penyuntingan video yang kompleks (wootware.co.za)

Spesifikasi yang lebih baik akan menghasilkan performa yang sepadan dan meningkatkan produktifitas. Pilih spesifikasi sesuai dengan tipe pekerjaan kamu. Bukan tidak mungkin spesifikasi yang berlebihan mengakibatkan pemborosan daya listrik. Disebabkan karena hal yang sebetulnya tidak kita perlukan. 

Misalnya kamu bisa memilih ZBOOK Studio x360 yang memiliki prosesor Intel generasi ke delapan yang didesain untuk bisa menangani aplikasi kompleks seperti Adobe Premiere Pro. Laptop ini dilengkapi dengan kartu grafis seri NVIDIA QUADRO yang dioptimalkan untuk tugas rendering grafik 3D atau penyuntingan video yang kompleks. Laptop jenis ini bisa banget diajak untuk bekerja keras bersamamu.

2. Desain dan Kelengkapan Konektivitas

2. Desain dan Kelengkapan Konektivitas Kemudahan konektifitas memudahkan kamu untuk presentasi di mana-mana (store.hp.com)

Para profesional biasanya lebih suka membawa laptop sendiri saat bekerja, terutama saat ada presentasi di kantor atau bersama rekan bisnis. Membawa laptop selama bekerja artinya menempatkan penggunanya dalam situasi yang mengharuskannya untuk memakai laptop sebagai asisten utama. 

Dalam situasi kerja, masalah bisa selalu muncul. Seperti konektivitas perlengkapan di lokasi yang berbeda. Dengan adanya port konektivitas yang lebih lengkap di laptop kelas bisnis seperti HP Elitebook x360 1030 G4, masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Bahkan ada aksesori dock yang bisa memperluas koneksinya. Kalau tipe pekerjaan kamu mobilenya tinggi dan sering berpindah tempat presentasi, cobalah laptop jenis ini.

Selain port, laptop untuk kerja juga punya durabilitas yang baik karena produsennya memahami bahwa para pengguna akan membawanya keluar dari kantor. Durabilitas ini penting demi menyimpan data sensitif di dalamnya. Walaupun fisiknya mirip dengan kebanyakan laptop untuk konsumen biasa, rangka dan bahan yang digunakan telah dipilih dan dirancang sedemikian rupa agar lebih tahan lama saat dibawa-bawa. Aman deh jadinya kalau di bawa-bawa.

3. Keamanan

3. Keamanan Sistem keamanan penting untuk melindungi data (lifewire.com)

Wah, ini penting banget agar data perusahaan gak bocor. Apalagi kalau posisi kamu penting dan menyimpan banyak data perusahaan. Pengamanan menjadi hal yang penting karena menjinjing laptop kantor berarti membawa data sensitif hingga rahasia perusahaan di mana pun kamu pergi. Informasi dan data penting itu rentan bocor ketika laptop berpindah tangan.

Itulah mengapa, laptop untuk bisnis selalu dibekali dengan seperangkat mekanisme pengamanan tambahan, demi memberi ketenangan batin dan kenyamanan bagi penggunanya. Biar nyaman membawa laptop keluar gengs.

Pengamanannya pun berlapis sejak BIOS, biometrik, hingga di sistem operasi. Keamanan bukanlah hal yang dianggap remeh, seperti halnya nilai data perusahaanc di tangan karyawannya. Seperti diperlihatkan oleh HP Elite Book X360 1030 G4 yang memiliki seperangkat lapis pengamanan yang membuat penggunanya tidak risau lagi.

4. WINDOWS 10 PRO

4. WINDOWS 10 PRO WINDOWS 10 PRO cocok untuk para profesional (wccftech.com)

Windows 10 Pro ini adalah versi sistem operasi yang memungkinkan manfaat yang hanya bisa dinikmati oleh konsumen kelas korporasi. Seperti keamanan tambahan hingga fitur deploy IT Policy oleh admin TI kantor dari jarak jauh. Bila memilih laptop untuk konsumen, umumnya versi WIndows 10 yang digunakan adalah versi reguler tanpa fitur-fitur yang memang khusus dihadirkan untuk korporasi. Dan pengguna tidak akan bisa mengubahnya sendiri tanpa mengkompromikan keamanan data milik perusahaan.

Yah, meskipun agak ribet untuk kamu yang masih pemula dan gak paham banget soal tipe leptop, fitur ini layak untuk dicoba.

5. Garansi Perusahaan

Garansi adalah sebuah keharusan. Poin paling penting dari laptop untuk bisnis adalah layanan purna jual, inilah hal yang memastikan bahwa investasi yang dikeluarkan oleh kantor akan sepadan dengan solusi yang diberikan oleh produsen laptop. 

Untuk laptop HP misalnya, memiliki tawaran jemput produk gratis di 300 kota di Indonesia, atau bisa mendatangi tempat pengguna untuk perbaikan di tempat. Aplikasi pemesanan perbaikan bisa diunduh dari Play Store dan kita bisa mendapatkan informasi seputar lokasi titik perbaikan terdekat hingga memeriksa status perbaikan secara online. 

Bagaimana? Sudah tercerahkan wahai kamu profesional muda yang sedang galau memilih laptop?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"