5 Persiapan Buat Kamu yang Pengin Jadi Youtuber Sukses

5 Persiapan Buat Kamu yang Pengin Jadi Youtuber Sukses

Pengin jadi youtuber sukses dengan penghasilan spektakuler? Ikutin dulu persiapannya yang paling dasar.

Siapa yang sering nonton video di youtube? Kalau di Indonesia, mungkin kamu udah nggak asing lagi sama nama-nama youtuber kayak Ria Ricis, Keluarga Halilintar, atau Tasya Farasya. Waktu tahu penghasilan mereka yang wow banget, mungkin kamu akan mikir enak banget ya bikin video bisa menghasilkan uang. 

Kalau emang ada ketertarikan, cus langsung terjun jadi youtuber aja gengs! Mungkin kamu berpikir udah telat dan susah bersaing, tapi kesempatan itu selalu ada lho. Dari sekarang, mulai deh pikirin hal-hal berikut ini biar kamu bisa jadi youtuber sukses.

Youtube (marketingland.com)

Pikirkan personal branding

Hal pertama yang wajib kamu pikirin adalah soal personal branding. Apa sih yang menarik dari diri kamu atau skill apa yang kamu punya dan oke banget buat ‘dijual’ ke publik?

Jadi youtuber itu lingkupnya sangat besar, kamu bisa bikin konten apa aja, mulai dari nge-vlog waktu traveling, review makanan, masak, bikin challenge seru, bahas topik tertentu, makeup, main game, dan sebagainya. Pikirin deh satu tema yang kamu banget jadi nanti lebih mudah buat bikin konten.

Bikin video (diggitmagazine.com)

Ide konten kreatif

Setelah itu, lanjut pikirin konten buat bikin video. Misalnya, kamu udah pilih mau fokus bikin video masak, lalu apa? Video masak di Youtube itu udah banyak banget dan kamu harus punya keunikan.

Coba putar otak lagi gimana caranya video masak kamu bisa disukain, misalnya masak di alam, masak dengan bahan-bahan yang murah tapi hasilnya mewah, masak dengan durasi singkat, masak sambil karaoke, masak sambil challenge, dan sebagainya. 

Alat untuk buat video

Kalau bahan konten udah ketemu,  saatnya menyiapkan peralatan buat kamu bikin video, di antaranya kamera, laptop, dan lighting. Belum mampu beli kamera sama lighting? Bikin video pakai kamera hp juga bisa lho. Manfaatkan aja apa yang kamu punya, gengs!  Nanti sambil jalan, kamu juga bisa nabung buat beli kamera.

Menjadi youtuber sukses (wittysparks.com)

Promosi

Setelah video kamu jadi, jangan lupa buat promosiin sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya. Kamu bisa share di seluruh media sosial yang kamu punya, minta teman-teman, keluarga, dan pacar untuk nonton dan share biar makin banyak yang nonton. 

Jangan gampang nyerah

Ada saatnya kamu mungkin akan nyerah buat jadi youtuber karena ternyata enggak gampang buat. Tapi, ingat lagi tekadmu! Jangan gampang menyerah. Terus aja bikin video dan cari ide yang lebih gila lagi biar konten kamu makin berkualitas. Jangan lupa buat riset apa aja sih hal-hal yang kira-kira bakalan disukain orang atau lagi ngetren. Tinggal manfaatin momen deh!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"