5 Pernikahan Adat Paling Mahal di Indonesia, Siapin Duit yang Banyak

5 Pernikahan Adat Paling Mahal di Indonesia, Siapin Duit yang Banyak

Menikah adalah sesuatu hal penting dalam kehidupan manusia. Banyak calon pengantin yang ingin menyelenggarakan pernikahan dengan konsep adat yang kental. Menikah dengan konsep adat dipilih karena bisa melestarikan budaya nenek moyang si pengantin.

Ternyata menggelar resepsi pernikahan dengan nuansa adat membutuhkan biaya yang cukup mahal. Berikut  5 pernikahan adat yang butuh uang banyak  di Indonesia.

1. Adat Bugis

Adat Bugis memiliki proses pernikahan yang cukup panjang. Sebelum menikah, calon pengantin harus melakukan prosesi Mappaiseng dan Mattampa sebagai pengumuman kepada orang lain rencana pernikahan itu. Nah saat menikah,mahar untuk wanita harys berdasarkan tingkat pendidikan mempelai wanita. Kisaran biaya adat Bugis mencapai di atas Rp 100 juta.

Pengantin Adat Bugis (Pobela)

2. Adat Batak

Dalam adat Batak dikenal dengan nama Marhata Sinamot atau tawar-menawar. Calon pengantin harus menyiapkan biaya sendiri untuk melaksanana prosesi pertunagan atau Martumpol dan Martunggo Raja yakni akad atau pemberkatan. Total biaya di atas Rp 100 juta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"