5 Negara Tertua di Dunia yang Punya Peninggalan Sejarah Keren

5 Negara Tertua di Dunia yang Punya Peninggalan Sejarah Keren

Negara Tertua di Dunia

Taukah kalian kalo ada negara-negara yang paling tua di dunia? Kehidupan manusia udah ada sejak berjuta-juta tahun yang lalu. Makanya, ada negara tertua gitu.

Manusia mulai hidup nomaden sekitar 6500 sebelum masehi. Dari situlah negara tertua mulai muncul. Yuk, simak 5 negara paling tua di dunia berikut.

1. Tiongkok (2070 SM)

negara Tiongkok termasuk tertua (atlantis-indonesia.org)

Tiongkok adalah salah satu negara tertua di dunia. Dinasti tertua di Tiongkok sendiri diperkirakan ada sejak tahun 2070 - 1600 SM. Dinasti Xia ini sering disebutkan dalam cerita dongeng tua.

Barulah pada tanggal 1960-an dan 1970-an penggalian membuktikan kalo Dinasti Xia emang pernah ada di Tiongkok. 

2. Mesir (3100 SM)

Nggak diragukan lagi kalo Mesir adalah negara tertua di dunia. Negara ini kerap disebut-sebut dalam dongeng, sejarah, dan budaya.

Peradaban mesir kuno kira-kira dimulai sejak 6000 sebelum masehi. Saat itu, kelompok pemburu bertempat tinggal di lembah sungai nil.

Akan tetapi, dinasti yang paling awal di Mesir diktahui ada baru saat 3100 SM. Dinasti di Mesir bertahan sampai 3000 tahun. Lalu, akhirnya dikalahkan sama Alexander Agung pada 332 SM. 

3. Yunani (800 SM)

Yunani kuno (liputan6.com)

Yunani jadi satu-satunya negara Eropa yang paling tua di dunia. Negara ini punya kemajuan yang pesat di bidang seni, puisi, teknologi, dan lain-lainnya di masa 800 SM. Pada masa itu juga, abjad Yunani mulai dikembangkan.

4. Ethiopia (980 SM)

Negara ini mempunyai banyak peninggalan kuno bersejarah. Lagipula emang negara ini udah berdiri sejak lama dan udah ditinggali manusia jutaan tahun yang lalu.

Pada masa 980 SM, kerajaan di Ethiopia mengembangkan sistem irigasi, penggunaan bajak, membuat peralatan, dan senjata. Uniknya, negara di Afrika ini nggak pernah dijajah sama negara Eropa loh.

5. India (1500 SM)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"