5 Negara dengan Tingkat Masalah Kesehatan Mental Tertinggi di Dunia, Apa Penyebabnya?

5 Negara dengan Tingkat Masalah Kesehatan Mental Tertinggi di Dunia, Apa Penyebabnya?

Setiap kelompok masyarakat di berbagai negara memiliki problematika dan kesulitan masing-masing. Hal ini jelas mempengaruhi kondisi kesehatan mental. Seperti yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa sekitar 5% dari populasi orang dewasa di seluruh dunia menderita gangguan depresi.

Depresi, walaupun bukan masalah baru, namun telah menjadi krisis yang tak teratasi selama bertahun-tahun. Hingga pada 2023, sejumlah negara dilaporkan “tidak bahagia” lantaran tingkat depresi warga yang terbilang tinggi.

Data terbaru dari Wisevoter mengungkapkan bahwa masyarakat dengan tingkat depresi yang signifikan tersebar di berbagai penjuru dunia. Kira-kira apa penyebabnya? Berikut daftar negara dengan tingkat masalah kesehatan mental tertinggi beserta kemungkinan penyebabnya.

1. Yunani

Negara dengan Tingkat Masalah Kesehatan Mental Tertinggi (via Liputan6)

Yunani, yang dikenal dengan sejarah kuno yang kaya dan pemandangan yang memukau, terbukti memiliki tingkat depresi yang mengkhawatirkan, yaitu mencapai 6,52%. Kondisi ekonomi yang tidak stabil selama beberapa tahun terakhir dapat menjadi salah satu faktor penyebab. Krisis keuangan yang melanda negara ini mungkin telah berdampak pada kesejahteraan masyarakat, termasuk akses terhadap layanan kesehatan mental.

2. Spanyol



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"