5 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Paling Murah, Tertarik Mau Langsung Pindah?

5 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Paling Murah, Tertarik Mau Langsung Pindah?

Kota-kota di Indonesia memiliki ciri khas sebagai tempat dengan biaya hidup paling murah. Justru kota-kota itu lebih banyak berada di pulau Jawa. Berikut 5 kota dengan biaya hidup paling murah di Indonesia.

1. Solo

Banyak orang yang usai berlibur di Solo memang geleng-geleng kepala karena budget liburan tak cepat habis. Makanan di Solo baik itu di pinggir jalan atau di restoran memiliki harga yang cukup terjangkau dari harga Rp 5 ribu sudah makan kenyang. Selain makanan biaya transportasi di Solo juga murah, seperti becak atau bus.

2. Purwokerto

Sama halnya dengan Solo, Purwokerto juga memiliki biaya hidup yang murah. Misalnya dalam segi harga makanan yang dengan harga Rp 10 ribu sudah mendapatkan banyak menu makanan di warung makan. Juga biaya soal penyewaan kos juga masih terbilang murah. Untuk anak kos yang kuliah di Purwokerto tentu ini menjadi sebuah keberuntungan.

Kota Purwokerto (Tribunnews)

3. Cirebon

Cirebon masuk dalam daftar kota dengan biaya murah di Indonesia. Berada di wilayah Jawa Barat,biaya hidup di Cirebon seperti makanan dan transportasi hingga sewa rumah cukup murah bagi pendatang yang ingin menetap di kota yang berjuluk kota udang tersebut.

4. Yogyakarta

Kota yang lumayan dekat dengan Solo ini juga sudah lama dikenal sebagai daerah dengan biaya hidup murah. Banyak makanan yang dibandrol murah dan uang sewa kos-kosan yang masuk akal. Wajar banyak mahasiswa yang berkuliah di Yogyakarta karena biaya hidup murah.

Namun belum lama ini nama Yogyakarta sempat tercoreng karena viral biaya makan di salah satu warung makan di Malioboro yang sangat mahal. Meskipun hal itu sudah diselesaikan oleh pihak terkait.

Kota Yogyakarta (Travel Kompas)

5. Banyuwangi

Daerah yang berada di ujung timur pulau Jawa ini ternyata dikenal memilki biaya hidup murah. Strategi ini berhasil menarik perhatian banyak wisatawan datang ke Banyuwangi dan memang terbukti kebenarannya.

Banyak wisatawan yang puas selama beberapa hari berada di Banyuwangi selain berwisata dan mencicipi kuliner yang murah meriah. Wisata Banyuwangi yang terkenal adalah Kawah Ijen dan Alas Purwo.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"