5 Kebiasaan yang Dianggap Sopan di Finlandia Tapi Tercela Kalo di Indonesia

5 Kebiasaan yang Dianggap Sopan di Finlandia Tapi Tercela Kalo di Indonesia

Setiap negara punya kebiasaan dan perilaku yang berbeda-beda. Orang Indonesia udah diajarin dari kecil tentang tata krama dan sopan santun. Kita sih pasti udah biasa sama memberikan sesuatu dengan tangan kanan ya.

Tangan kiri jelas dinomorduakan. Sebab, tangan kiri dianggap kurang sopan. Hal ini juga ngaruh banget sama kehidupan sosial kita sehari-hari.

Tapi, segala kebiasaan sopan yang kita pelajari itu ternyata berkebalikan dengan Finlandia yang terletak di utara Eropa itu. Nah, ini dia 5 kebiasaan yang dianggap sopan di Finlandia tapi tercela kalo di Indonesia.

#1 Memberi sesuatu dengan tangan kiri

#1 Memberi sesuatu dengan tangan kiri Tangan kiri tuh sopan-sopan aja kalo di Finlandia (scholarshipowl.com)

Dari kecil orang Indonesia diajarin untuk selalu memberikan sesuatu dengan tangan kanan. Kalo pake tangan kiri dianggap gak sopan.

Sementara di Finlandia, memberi sesuatu kepada orang dengan tangan kirinya adalah sesuatu yang sopan dan wajar. Gak ada bedanya dengan tangan kanan, gak ada yang lebih diunggulkan kayak di Indonesia.

#2 Memanggil nama orang secara langsung

#2 Memanggil nama orang secara langsung Manggil nama orang langsung ya sah-sah aja sih~ (finland.fi)

Di Indonesia, memanggil nama orang secara langsung bisa jadi adalah sebuah perbuatan tercela gengs. Kita harus hindari itu, soalnya bisa-bisa dianggap gak sopan. Apalagi kepada orang yang lebih tua.

Nah, di Finlandia juga beda nih. Orang Finlandia punya kebiasaan memanggil nama orang secara langsung, tanpa kata sandang dulu. Gak pandang bulu tua atau muda, jabatan tinggi atau bukan.

Di Finlandia, cara ini bisa mendekatkan hubungan sosial. Jadi gak ada jarak lagi. Lebih akrab dan tahu sama tahu lah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"