5 Hal yang Terbukti Secara Ilmiah Membuat Hubungan Semakin Baik (Bag. 1)

5 Hal yang Terbukti Secara Ilmiah Membuat Hubungan Semakin Baik (Bag. 1)

Hubungan memang akan selalu berhubungan dengan perasaan. Tetapi manusia pada sejatinya adalah makhluk biologis yang dapat dipelajari. Untuk itu para ahli mencari hal-hal yang bisa membuat hubungan antar pasangan menjadi semakin baik. Kira-kira apa saja bukti-bukti ilmiah ini ya gengs?

1. Pikirkan positif

1. Pikirkan positif Tips ilmiah untuk hubungan sehat (smallbiztrends.com)

Kedengarannya sangat umum dan seperti sesuatu yang langsung dari buku pedoman psikologi pop. Tetapi tetap, pikiran positif terbukti membuat segalanya lebih baik dalam hidup .

Mulai dari karier, kehidupan sosial, dan tentu saja hubungan percintaan. Profesor Barbara Fredrickson, seorang psikolog sosial dari University of North Carolina di Chapel Hill, telah menemukan bahwa berpikir positif bahkan dapat mengubah irama detak jantung yang menstabilkan emosi.

2. Berdebat dengan cara yang sehat

2. Berdebat dengan cara yang sehat Tips ilmiah untuk hubungan sehat (aleteia.org)

Studi menunjukkan bahwa pasangan dengan keterampilan komunikasi yang buruk adalah beberapa orang yang paling tidak bahagia di planet ini. Tidak mengherankan jika kita menemukan pasangan berantem, ujung-ujungnya menjadi semaikin buruk. Atau jangan-jangan itu kalian sendiri.

Hal ini bukan tentang seberapa sering kalian berdebat, tetapi bagaimana kalian melakukannya dengan sehat dan memengaruhi hubungan.

3. Jangan bertengkar tentang uang

3. Jangan bertengkar tentang uang Tips ilmiah untuk hubungan sehat (thesavvycouple.com)

Ini adalah yang sulit, karena masalah uang adalah alasan nomor satu mengapa pasangan putus. Akan selalu ada beberapa perbedaan dalam cara orang menangani uang, berapa banyak uang yang dihasilkan, berapa banyak uang yang kalian simpan, dll. Namun, cobalah untuk menyelesaikan masalah yang ada alih-alih meledak di depan muka pasangan terkait hal itu.

Jangan jatuh ke dalam kebenaran diri sendiri, dan cobalah untuk melihat apa yang penting bagi pasangan kalian, daripada berfokus pada uang itu sendiri.

4. Ucapkan kata-kata penghiburan satu sama lain

4. Ucapkan kata-kata penghiburan satu sama lain Tips ilmiah untuk hubungan sehat (aleteia.org)

Dengan mengatakan frasa seperti "Kamu keren yang!" atau "Aku sangat bangga denganmu," ke pasangan, itu akan menaikkan tingkat kebahagiaan mereka dan mengurangi perasaan stres atau depresi. Yang diperlukan hanyalah mengucapkan kalimat atau frasa semacam itu sekali sehari selama satu minggu sebelum kalian merasakan efeknya!

5. Memiliki persahabatan yang kuat di luar hubungan kalian

5. Memiliki persahabatan yang kuat di luar hubungan kalian Tips ilmiah untuk hubungan sehat (medicalnewstoday.com)

Seluruh hidupmu seharusnya tidak hanya tentang satu sama lain. Segera setelah kalian mulai bergantung pada pasangan untuk menyediakan segala yang kalian inginkan dan butuhkan dalam hidup, kalian pasti akan hancur dan berantakan.

Jon Kleinberg, seorang ilmuwan komputer di Cornell University, dan Lars Backstrom, seorang insinyur senior di Facebook, melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa hubungan terlemah adalah hubungan yang membagi teman yang sama bagi kedua belah pihak. Jadi ada baiknya masing-masing membuat teman baru sendiri!

Berikut tadi adalah 5 tips agar hubungan dengan pasangan kalian menjadi lebih baik. Memang masih sangat sedikit padahal hubungan cinta itu sangatlah kompleks. Tetapi tips di atas tadi adalah yang terbukti secara ilmiah. Dan nanti akan ada 5 tips kelanjutannya ya gengs. So stay tune.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"