5 Hal yang Disiapkan Sebelum Kuliah di Luar Kota, Cek Dulu Biar Nggak Kaget Jauh dari Keluarga

5 Hal yang Disiapkan Sebelum Kuliah di Luar Kota, Cek Dulu Biar Nggak Kaget Jauh dari Keluarga

Kamu diterima kuliah di luar Kota atau berencana untuk kuliah di sana? Jangan gusar dulu karena  banyak hal yang wajib kamu ketahui sebelum memulai langkah baru untuk kuliah di luar Kota. Sudah pasti kuliah di luar Kota membuat kamu akan jauh dari keluarga, teman dekat, bahkan pacar.

Makanya agar proses adaptasi kamu berjalan mulus, berikut beberapa hal yang wajib disiapkan sebelum kamu berangkat menuju daerah tersebut untuk kuliah.

1. Pilih Lokasi Tempat Tinggal

Lokasi tempat tinggal menjadi faktor penting sebelum kamu berangkat menuju Kota itu. Kamu bisa tinggal dengan menyewa kos-kosan atau rumah kontrakan. Disarankan bila memilih rumah kontrakan, kamu jangan tinggal sendiri karena akan merasa kesepian. Coba ajak teman kamu yang sama-sama kuliah di sana untuk tinggal bersama.

Namun bila kamu memiliki kerabat di Kota itu juga bisa menumpang tinggal di rumah itu. Tinggal di rumah keluarga tentu ada hal positif bagi kamu, misalnya tak perlu mengeluarkan uang untuk sewa kos atau rumah kontrakan.

Ilustrasi Mahasiswa(kampusundip.com)

2. Pikirkan Soal Transportasi

Bila saat dulu kamu bersekolah dengan kendaraan pribadi, tak selalu orang membawa kendaraan pribadi ke Kota tempatnya kuliah. Otomatis kamu harus mengetahui transportasi dari lokasi tempat tinggal kamu menuju tempat kuliah. Oke, misalkan ada transportasi online kamu juga harus tahu transportasi lain seperti bus atau angkot.

3. Cari Tempat Makan Murah

Sebagai mahasiswa yang kuliah di luar kota, menjadi kewajiban untuk bisa mengatur uang bulanan dari orangtua dengan bijak. Baiknya pilih tempat makanan yang murah meriah agar isi dompet kamu tak cepat terkuras.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"