5 Hal Penting yang Harus Disiapkan untuk Wawancara Kerja

5 Hal Penting yang Harus Disiapkan untuk Wawancara Kerja

Momen wawancara kerja bisa jadi hari yang ditunggu-tunggu sekaligus bikin tegang. Pastinya kamu berharap ingin diterima di perusahaan tersebut, tapi juga ngerasa takut dan bingung menghadapi proses interview. Ditambah dengan pertanyaan yang mungkin terasa susah dan ada tes-tes lain yang bikin kamu tambah panik. 

Tapi keseluruhan proses ini memang harus dilalui. Ya mau nggak mau kamu memang harus wawancara sana-sini dulu sebelum mendapatkan pekerjaan. Nah, biar wawancaramu lebih lancar dan kamu pun bisa rileks, coba deh bikin persiapan dulu sebelumnya.

Wawancara (propelconsult.com)

Mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan

Jangan pernah pergi ke tempat wawancara tanpa bekal sedikitpun! Kamu harus mempelajari banyak hal sebelum interview, termasuk hal-hal umum soal perusahaan. Kamu harus tahu perusahaan itu bergerak di bidang apa, apa saja yang dikerjakan di sana, termasuk menguasai produk. Gimana caranya? Kamu bisa tanya teman atau cari informasinya di internet. Saat ini, banyak perusahaan yang punya website sendiri jadi kamu bisa menggali info di sana. 

Belajar soal posisi yang dilamar

Kamu tentunya ingat kan posisi apa yang dilamar di perusahaan tersebut? Katakanlah sebagai marketing. Meski belum ada pengalaman kerja di bidang tersebut, kamu bisa mencari informasi dulu soal seluk beluk pekerjaan marketing. Hal ini penting buat dilakukan jadi kalau ditanya si pewawancara, kamu nggak akan kelihatan bingung. Minimal kamu tau dulu deh kira-kira kayak apa sih kerjaan marketing sehari-hari dan beri tahu si pewawancara kalau kamu yakin bisa bekerja di posisi itu.

Outfit wawancara (ryersonian.ca)

Pakaian yang rapi dan sopan

Sepele tapi nggak kalah penting adalah pemilihan pakaian. Meski kamu bekerja di dunia kreatif sekalipun, saat wawancara datanglah dengan pakaian yang rapi dan sopan. Ya, apalagi kalau kamu kerja di perusahaan yang memang sehari-harinya menuntut pakaian resmi. Sesuaikan aja pakaianmu dengan standar perusahaan. Paling aman sih buat cewek, pakai celana atau rok bahan dan kemeja atau bisa juga pakai dress dengan blazer. Buat cowok, bisa pakai celana bahan dan kemeja, terus pakailah sepatu yang lebih formal.

Persiapkan seluruh kebutuhan wawancara (icma.org)

Membawa dokumen dan perlengkapan yang dibutuhkan

Jangan sampai lupa bawa dokumen yang dibutuhkan, misalnya cv, surat lamaran, ijazah, sertifikat, pas foto, dan portfolio. Juga bawa alat tulis siapa tahu nanti dibutuhkan. Jangan sampai nanti kamu ribet sendiri minjem pulpen kalau diminta mengisi dokumen. 

Santai dan jangan tegang

Dengan persiapan yang matang, kamu bisa lebih tenang. Sambil menunggu giliran wawancara, kamu bisa baca-baca lagi soal perusahan dan jangan lupa mengikuti semua instruksi selama di sana ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"