5 Fenomena Alam Aneh yang Pernah Muncul di Dunia, Indonesia Juga Punya...

5 Fenomena Alam Aneh yang Pernah Muncul di Dunia, Indonesia Juga Punya...

Planet tempat kita tinggal, Bumi, selalu menyimpan misteri. Beberapa fenomena memang terpecahkan sih. Namun, banyak juga tuh yang gak pernah terungkap.

Kali ini, kita mau ngebahas soal fenomena alam yang aneh yang pernah terjadi di dunia. Beberapa fenomena yang terjadi di alam itu emang menarik saat diperhatikan. Menakjubkan sekaligus juga membuat kita bertanya-tanya kenapa bisa begitu.

Oke deh, simak dulu ya gengs satu-satu fenomena alam yang aneh dan pernah terjadi di dunia. Indonesia juga gak ketinggalan kok, kita punya juga....

1. Mata Raksasa, Sahara

1. Mata Raksasa, Sahara Bentuknya kayak mata raksasa kalo dilihat dari luar angkasa (twitter)

Fenomena alam ini disebut sebagai "The Eye of Sahara". Munculnya ya jelas di Gurun Sahara, Afrika. Peristiwa ini terlihat seperti mata raksasa dekat Ouadane, Mauritania bagian barat-tengah.

Diameternya mencapai 40 kilometer. Strukturnya seperti kubah (dome) yang terkikis. Awalnya, mata raksasa ini disebut-sebut adalah dampak dari asteroid. 

Tapi para ahli geologi menyimpulkan bahwa The Eye of Sahara terbentuk oleh proses geologis. Pusat kubahnya tersusun atas breksi silika.

2. Pegunungan Pelangi, Tiongkok

2. Pegunungan Pelangi, Tiongkok Pegunungan Pelangi di Tiongkok, bagus yak... (forbes.com)

Lukisan alam paling hidup dan luar biasa besar terdapat di Tiongkok. Namanya "The Rainbow Mountains", atau Pegunungan Pelangi. Letaknya di Zhangye National Geopark, Provinsi Zhangye-Danxia.

Pemandangan di kawasan itu sangat menakjubkan. Kawasan pegunungan itu memiliki batu yang nggak biasa. Ada yang halus, tajam, dan menjulang sampe ratusan meter. 

Bebatuan yang muncul adalah hasil endapan batu pasri, oksida besi, dan mineral yang terjadi selama 24 juta tahun. Tampilannya jadi kayak kue lapis gitu gengs.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"