5 Cara Edukasi Menabung Sejak Dini, Gimana Sih Biar Anak Mau Hemat?

5 Cara Edukasi Menabung Sejak Dini, Gimana Sih Biar Anak Mau Hemat?

Mengajarkan anak buat menabung sejak dini itu penting, loh. Orang tua pasti ingin punya anak yang tumbuh jadi orang yang bisa mengelola keuangan dengan baik. Salah satu cara agar anak belajar hemat dan mengelola uang adalah dengan menabung.

Yuk, simak gimana sih cara edukasi menabung sejak dini atau cara mengajarkan anak menabung.

1. Mengenalkan uang

mengenalkan uang pada anak (time.com)

Anak-anak biasanya akan belajar menghitung. Ini bakal menarik kalo dikaitkan sama uang-uang. Di saat inilah orang tua bisa mengajarkan anak mengenal uang dan menghitungnya.

Di sini, anak bakal mulai kenal nilai uang, bentuk uang, dan tau fungsi-fungsi uang secara umum.

2. Kenalkan fungsi dan tujuan keuangan

Kalian bisa ngajarin anak tentang fungsi dan tujuan uang sesuai sama usia anak. Mereka perlu dikasih pengertian kalo orang akan dapet uang banyak kalo kerja keras dan menabung.

Dengan menabung lalu anak bisa dapet hal yang diinginkan atau membeli sesuatu. Hal ini pelan-pelan akan mengajarkan anak cara mengelola uang dan menabung.

3. Mengenalkan bedanya nabung dan belanja

cara mengajarkan anak menabung (dailytelegraph.com.au)

Anak bakal berminat menabung kalo tau manfaatnya. Orang tua harus ngasih tau anak soal manfaat menabung dan kerugiannya jika dihabiskan untuk belanja. Dengan begitu, anak akan mikir buat nabung uang banyak terlebih dahulu, bukan malah menghabiskan semua uang.

4. Diberi uang bulanan

Cara mengajarkan anak menabung selanjutnya adalah dengan ngasih uang saku bulanan. Anak akan mengatur dan berusaha nyimpan uang sesuai yang diajarkannya.

Asal uangnya cukup, anak pasti dapat menyisihkan uangnya. Kalo anak berhasil menabung, orang tua dapat ngasih imbalan buat mereka.

5. Mencatat pengeluaran dan pemasukan

Buat bantu dalam menghemat uang, ajarilah anak mencatat segala pengeluaran dan pemasukan. Cara ini bakal bikin anak lebih paham perkiraan pengeluaran setiap bulannya dan bisa nyisihin uang untuk ditabung.

6. Bawa anak ke bank dan buka rekening



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"