5 Badan Intelijen yang Konon Punya Mata-Mata Terbaik di Dunia

5 Badan Intelijen yang Konon Punya Mata-Mata Terbaik di Dunia

Badan intelijen adalah badan yang tugasnya menangani urusan intelijen. Misalnya mencuri data, menggali informasi, melakukan spionase, menjalankan operasi rahasia, dan sebagainya. Untuk negara yang berdaulat, pembentukan badan ini sifatnya wajib. Karena itu adalah bentuk pertahanan negara.

Dengan adanya badan intelijen, sebuah negara bisa melindungi bangsanya. Seperti contohnya dengan menggagalkan plot yang hendak merugikan negara asal agen intelijen.

Kalau kamu suka nonton film aksi, kamu pasti lumayan familiar dengan kerja para agen rahasia berbagai negara. Nah, penasaran gak agen rahasia mana saja yang punya mata-mata terkuat di dunia?

1. National Security Agency (NSA)- Amerika Serikat

Markas NSA di Amerika Serikat (international.sindonews.com)

Kamu mungkin lebih mengenal CIA (Central Intelligence Agency) sebagai badan intelijen utama Amerika Serikat. Padahal ada Badan Keamanan Lain di AS yang konon lebih licik.

NSA dulu bernama Cipher Bureau yang mahir dalam memeriksa pesan dan telegram yang keluar masuk ke AS. Cipher Bureau kemudian berganti nama lagi menjadi Signal Intelligence Service (SIS). SIS sendiri punya keahlian dalam memecahkan semua jenis kode rahasia.

Sampai saat ini NSA punya sejarah panjang dalam mengawasi lawan politik, pemimpin, dan orang-orang penting lainnya.

2. Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) - Rusia

KGB sejak dulu tahun 1954 sampai Uni Soviet bubar tahun 1991 memang punya reputasi yang paling hebat di antara agen rahasia lainnya.

KGB memulai tugas pertahanannya dengan fokus di bidang spionase. KGB sempat menembus pertahanan AS dan menggali begitu dalam rahasia-rahasia milik AS.

3. Ministry of State Security (MSS) - China



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"