4 Mitos di Jawa yang Masih Banyak Dipercaya, Padahal Sulit Dipahami

4 Mitos di Jawa yang Masih Banyak Dipercaya, Padahal Sulit Dipahami

Meski saat ini teknologi sudah sangat maju, namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada mitos di Jawa  yang dipercaya bahkan dianggap nyata. Mitos merupakan cerita tradisional yang dipercaya oleh penganutnya.

Umumnya mitos menceritakan tentang alam gaib dan alam semesta. Bahkan mitos biasanya sudah ada sejak zaman dahulu dan turun-temurun hingga ke anak cucu. Lantas apa saja mitos jawa yang masih dipercaya hingga kini di Indonesia? Berikut ini daftarnya.

1. Anak Gadis Dilarang Duduk di Depan Pintu

Mitos di Jawa (via Correcto)

Mitos yang pertama adalah tentang anak gadis yang dilarang duduk di depan pintu. Mitos ini percaya, bahwa anak gadis yang duduk di depan pintu akan sulit mendapatkan jodoh. Sisi positif mitos ini adalah untuk mengajarkan sopan santun, karena jika duduk di depan pintu maka akan menghalangi orang yang berlalu-lalang.

2. Bersiul di Malam Hari Dapat Memanggil Setan

Kamu pernah bersiul di malam hari? Menurut mitos jawa, bersiul di malam hari dipercaya bisa memanggil setan. Namun sebenarnya maksud dari mitos ini adalah untuk mengurangi aktivitas bersiul di malam hari yang mengganggu waktu tidur orang lain.

3. Pamali Mengambil Makan Sebelum Orang Tua



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"