4 Larangan Buat Umat Hindu Saat Hari Raya Nyepi Selain Nyalakan Api Dan Listrik, Sudah Tahu Belum Nih?

4 Larangan Buat Umat Hindu Saat Hari Raya Nyepi Selain Nyalakan Api Dan Listrik, Sudah Tahu Belum Nih?

Tanggal 22 Maret 2023 merupakan momen Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 yang dirayakan seluruh umat Hindu di Indonesia. Hari suci ini berlangsung selama 24 jam, yaitu dimulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 06.00 pagi keesokan harinya. Selama kurun waktu ini, aktivitas masyarakat Hindu berhenti total. 

Seluruh umat tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Ketika pelaksanannya, umat Hindu pun harus melakukan berdiam diri, meditasi dan merenung selama Nyepi. Momentum ini dimanfaatkan sebagai evaluasi diri agar jadi pribadi yang lebih baik di masa depan. 

Jadi tidak heran kalau daerah-daerah di Bali dipenuhi keheningan dan benar-benar sepi. Hanya akan tampak penjaga mengamankan daerahnya. Hal ini mengingat, Pulau Dewata mayoritas penduduknya beragama Hindu yang larut dalam ritual keagamaan saat Nyepi. 

Suasana Bali Saat Hari Raya Nyepi (Okezone)

Selama Nyepi, umat Hindu juga akan berpuasa makan dan minum selama 24 jam penuh. Tak hanya itu, ketika merayakan Nyepi khususnya di Bali, terdapat empat pantangan yang wajib dilaksanakan dan harus dijalankan umat Hindu. Pantangan ini disebut dengan Catur Brata Penyepian. 

Ada jenis empat pantangan yang harus dipatuhi. Mungkin banyak dari kamu yang tahu pantangannya hanya tidak diperbolehkan untuk menyalakan api dan listrik. Padahal masih ada larangan lainnya yang harus dijalani loh! Simak penjelasannya di bawah ini ya!

1. Amati Geni



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"