4 Jenis Keterikatan yang Dapat Membantumu Memahami Hubungan dengan Lebih Baik

4 Jenis Keterikatan yang Dapat Membantumu Memahami Hubungan dengan Lebih Baik

Pengalaman dan keterikatan emosional yang kita miliki selama masa kanak-kanak membentuk cara kita berhubungan dengan orang lain. Ini dikenal sebagai lampiran. Ada berbagai jenis, yang mengidentifikasi perilaku tertentu dan bahkan memengaruhi hubungan yang kita miliki dalam hubungan.

Beberapa perilaku dari gaya keterikatan yang berbeda dapat menyebabkan hubungan yang beracun. Tetapi belajar dari mereka dapat membantu kita memahami diri sendiri dan membangun ikatan yang sehat dengan orang lain.

Di Paragram, kami melakukan penelitian tentang apa yang direkomendasikan para ahli untuk meningkatkan jenis gaya keterikatan ini dan mempromosikan hubungan yang lebih sehat.

Jenis-jenis Keterikatan

1.Safety

Yang membedakan orang dengan aman adalah hubungan yang didasarkan pada kepercayaan dan komunikasi. Mereka tidak takut untuk menjadi otentik dan menunjukkan kerentanan terhadap pasangannya. Kedekatan dengan orang lain tidak mengganggu mereka, dan mereka sering mengungkapkan perasaan mereka secara terbuka.

Kehangatan dan cinta yang mereka ungkapkan adalah alami. 

Mereka independen, tetapi itu tidak mencegah mereka membentuk ikatan yang stabil. Mereka dicirikan oleh harga diri yang baik, yang membuat mereka memahami dan menerima kekurangan kecil dari pasangannya. Ketika menghadapi konflik, mereka lebih memilih untuk menghadapinya dan menyelesaikannya dengan cara terbaik. Ini menjadikan keterikatan aman sebagai gaya ideal untuk membangun hubungan yang sehat.

2. Cemas

Dalam jenis keterikatan ini, orang tersebut merasa cemas tentang hubungannya. Mereka terus-menerus mempertanyakan apakah pasangan mereka mencintai mereka atau masih tertarik. Mereka lebih suka memuaskan kebutuhan orang lain kebutuhan daripada mereka sendiri, yang mengarah pada perasaan tidak bahagia. Mereka mengalami kesulitan untuk menjadi mandiri, sehingga mereka menghasilkan keterikatan yang bergantung, sampai-sampai menyerang ruang pasangannya.

Orang-orang ini merasa tidak aman tentang diri mereka sendiri. Mereka cenderung manipulatif, cemburu, atau bahkan memprovokasi kecemburuan pasangannya ketika mereka menganggap bahwa mereka menjauhkan diri. Mereka memproyeksikan skenario negatif tentang hubungan mereka dan memiliki kesulitan yang lebih besar dalam memutuskan hubungan romantis.

3. Menolak Keterikatan

Orang dengan penghindar keterikatan adalah mereka yang tidak mencari hubungan yang stabil. Ketika mereka merasa bahwa pasangan mereka menuntut lebih banyak komitmen atau situasi stres muncul, mereka memutuskan untuk pindah. Mereka tidak menunjukkan banyak emosi terhadap pasangannya dan mereka tidak suka berbagi perasaan dan pikiran mereka.

Dalam keterikatan jenis ini, kemandirian lebih dihargai daripada dekat dengan seseorang, oleh karena itu, mereka tidak membutuhkan bantuan siapa pun. Mekanisme perlindungan mereka terhadap kerentanan adalah harga diri yang tinggi. Ironisnya, meskipun menjadi sesuatu yang positif, itu adalah harga diri yang menipu dengan kecenderungan ke arah narsisme dan kurangnya empati terhadap perasaan pasangannya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"