4 Cara Mengatasi Mata Perih Saat Memotong Bawang

4 Cara Mengatasi Mata Perih Saat Memotong Bawang

Mata berair atau mata perih saat memotong bawang adalah hal yang dialami banyak orang. Cara  mengatasi mata perih saat memotong bawang bisa dilakukan dengan berbagai cara khusus. Jika memang mata alami perih, kamu bisa menggunakan obat tetes mata atau membilas mata dengan air dingin dan bersih.

Jika mata didiamkan karena perih saat memotong bawang , bisa jadi mengalami iritasi. Berikut ada beberapa cara mengatasi pata perih saat memotong bawang. Mulai dari memotong bawang dengan benar, menyimpan bawang dulu, hingga menggunakan pelindung mata. Begini penjelasannya.

Memotong Bawang dengan Benar

Memotong bawang dengan benar adalah menjauhkan bawang dengan mata agar gas pada bawang tidak langsung mengenai mata. Saat memotong usahakan tidak memotong bagian ujung akar bawang merah karena bagian ini mengandung senyawa sulfur dan membuat mata jadi perih.

Memotong bawang memakai pisau yang tajam bisa mengurai mata perih karena bisa mengurangi kerusakkan pada kulit bawang sehingga tidak banyak gas yang menyebar sehingga membuat mata jadi perih.

Cara Mengatasi Mata Perih Saat Memotong Bawang (Kompas.com)

Bawang Dibekukan

Cara mengatasi mata perih saat memotong bawang selanjutnya adalah menyimpan bawang di tempat dingin. Bawang dibekukan dengan cara dimasukkan ke dalam air es atau air dingin selama 30 menit. Memotong bawang di bawah air yang mengalir juga bisa membuat asam sulfur tetap berada di bawang.

Tetapi karena bawang disimpan di dalam air dulu membuat bawang akan banyak mengandung air. Saat bawang setelah dipotong dan kemudian digoreng harus berhati-hati karena menyebabkan minyak menyiprat.

Makan Permen Karet

Saat memotong bawang mengunyah atau makan permen karet bisa mengatasi mata perih saat memotong bawang. Bukan kandungan dalam permen karet melainkan saat mengunyah kita terpaksa harus bernapas melalui mulut.  

Saat bernapas dalam mulut membuat kandungan bahan kimia pada bawang secara tidak langsung akan terhisap saat melewati mulut sehingga menyebabkan tingkat iritasi pada kelenjar air mata menjadi berkurang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"