4 Cara Jitu Mengatasi Keraguan Pada Diri Sendiri

4 Cara Jitu Mengatasi Keraguan Pada Diri Sendiri

Selain menerima kritik dari orang lain, kita justru sering menerima kritikan dari diri sendiri. Beragam pikiran buruk yag menyebabkan langskah terhambat.

Merasa kurang mampu, merasa gak pantas, dan keragaun-keraguan lainnya pada diri sendiri. Rasa tidak percaya diri ini benar-benar menghantui dan bikin kamu bingung.

Tidak mengherankan, biasanya juga disertai dengan stres, kecemasan, dan kadang-kadang depresi. Dalam kasus terburuk, orang berhenti melakukan apa yang dia lakukan saat ini. Mereka meninggalkan pekerjaan, berpikir bahwa mereka telah gagal karena cara mereka memandang diri mereka sendiri tidak cukup mampu.

Dikutip dari Inspiringtips.com, begini 5 cara jitu mengatasi keraguan pada diri sendiri. Biar kamu termotivasi dan lebih percaya diri.

1. Berhenti membandingkan diri

Cara jitu mengatasi keraguan pada diri sendiri (jonnyhatesmarketing.com)

Keraguan diri sendiri sudah sulit diatasi. Jadi berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain. Membandingkan dengan orang lain dapat memicu kebencian terhadap diri sendiri, dan kadang-kadang bahkan kecemburuan atau kebencian terhadap orang lain.

Kamu bisa mengganti siklus membandingkan diri sendiri ini dengal hal yang lebih positif loh gengs. Bandingkan diri dengan dirimu sendiri.

bagaimana caranya? Lihatlah perubahan dirimu dari waktu ke waktu. Amati hal-hal baik yang udah kamu raih. Jika sulit berfikirlah positif kamu selama ini bertahan.

2. Katakan tidak pada diri sendiri

Putus rantai keraguan (lifehack.org)

Mengatakan tidak pada diri sendiri dapat benar-benar membantu melawan pikiran cemas. Hal ini bisa membantumu untuk mengatasi keraguan pada diri sendiri.

Pikiran buruk bisa tumbuh subur seperti pohon. Kalau kamu mengatakan tidak, kamu bisa menghentikan pohon pikiran negatif tumbuh semakin bercabang.

Katakan tidak. Terkadang, hanya itu yang diperlukan untuk menenangkan suara-suara negatif yang ada di kepala kita.

3. Buat jurnal

Pas lagi sedih, kadang semangat dari teman dan keluarga bisa bikin mood kamu bagus lagi. Tapi mereka juga punya kesibukan sendiri dan gak selalu ada buat dengerin ceritamu.

Gmana donk?

Kamu bisa mencoba menuliskan apa yang kamu rasakan atau yang sedang terjadi. Biar semangat lagi, kamu juga bisa menuliskan progres dan hal-hal baik yang udah kamu raih.

Jika baru aja mulai menulis jurnal, tulis dengan detail. Untuk melawan keraguan diri kamu bisa menuliskan prestasi dan kebaikanmu sendiri.

Membangun kebiasaan menulis, membuatmu akan menjadi lebih objektif dalam menilai kemajuan diri sendiri.

4. Affirmasi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"