3 Kota Tertua di Indonesia yang Sudah Berusia 1.000 Tahun Lebih

3 Kota Tertua di Indonesia yang Sudah Berusia 1.000 Tahun Lebih

Jas Merah, singkatan dari, "Jangan sekali-sekali melupakan sejarah". Sebagai tambahan pengetahuan, ini lho 3 kota tertua di Indonesia.

Sebagai sebuah negara, tahun ini Indonesia baru berusia 74 tahun. Namun, lain soal kalau kita membicarakan sejarah dunia. Melihat dari buku besar sejarah manusia, beberapa kota di Indonesia malah ada yang usianya sudah mencapai 1.000 tahun!

Sebagai tambahan pengetahuan kamu, berikut adalah 3 kota tertua di Indonesia. Yuk belajar sejarah singkat Indonesia. Biar makin bangga sudah tinggal dan menjadi warga negara Indonesia!

Jembatan ampera tempo dulu (netralnews.com)

Palembang

Dalam sejarah Indonesia, Palembang memiliki posisi kunci dalam penyebaran agama Buddha dan Islam di Nusantara. Bahkan, pada masa kerajaan Sriwijaya, Palembang dijadikan tujuan singgah bagi para calon biksu atau brahmana untuk memperdalam agama, sebelum melanjutkan perjalanan ke Nepal atau India.

Selain itu, ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini merupakan rute perdagangan penting di masa lalu. Berbagai barang dagangan dari Tiongkok, Timur Tengah maupun Eropa transit di tempat ini, sebelum kembali atau didistribusikan ke daerah lain.

Oleh orang-orang dari Eropa, kota ini pun juga disebut sebagai Venice of the East. Kalau diterjemahkan bebas berarti Venesia dari Timur.

Berdasarkan catatan sejarah dan Prasasti Kedukan Bukit, kota Palembang dibentuk pada tanggal 16 Juni 682. Kalau kita kalkulasikan, umur Palembang berarti sudah 1.335 tahun lho!

Salatiga

Salatiga Salatiga tempo dulu (telomoyo.com)

Kota Salatiga merupakan kota kecil yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Dalam sejarah Indonesia, mungkin kota ini jarang disebutkan. Tapi, kalau kita mencari membahas kota tertua di Indonesia, Salatiga ternyata nomor dua!

Menurut Prasasti Plumpungan yang ditemukan di Sidorejo, Salatiga, disebutkan kalau kota ini dibentuk pada tanggal 24 Juli 750 M. 

Saat dibentuk, Salatiga merupakan wilayah khusus yang berdiri di bawah kekuasaan Raja Banu dari dinasti Wangsa Sailendra. Kalau kita hitung, usia Salatiga kini sudah mencapai 1.267 tahun, cuy!

Kediri

Kita mengenal kota Kediri sebagai sentra industri tembakau dan gula. Namun, siapa sangka juga kalau kota kecil ini menempati posisi ketiga dalam daftar kota tertua di Indonesia.

Kediri tempo dulu (yongkyangkianata.blogspot.com)

Melihat dari catatan sejarah berupa artefak yang ditemukan pada tahun 2007, kota Kediri dibentuk pada 27 Juli 879 M. Pada awal pembentukannya, kota ini merupakan area pemukiman saat Raja Airlangga memindahkan pusat kekuasaan ke wilayah yang dulunya bernama Dahanapura ini. Kini, Kediri sudah berusia 1.138 tahun, lho.

Melihat sejarah, kita jadi mengetahui kalo tiga kota tertua di Indonesia ternyata semuanya sudah berusia 1.000 tahun lebih. Dari situ kita bisa menyimpulkan kalau ternyata wilayah Indonesia bukanlah wilayah tanpa sejarah. Ada banyak hal yang masih bisa kita ketahui. Dan seperti kata proklamator kita, "Jangan pernah melupakan sejarah, itulah yang membentuk dan mengubah diri kita!"

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"