3 Kampung Pengemis di Indonesia, Warganya Hidup dari Rasa Iba

3 Kampung Pengemis di Indonesia, Warganya Hidup dari Rasa Iba

Apakah kamu pernah mendengar soal Kampung Pengemis? Faktanya, di Indonesia memang terdapat banyak sekali kampung yang berada di pinggiran kota. Mulai dari Kampung Inggris, Kampung Bebek, hingga ada juga sebutan Kampung Pengemis. Mungkin terdengar aneh, di tengah majunya tekhnologi, nyatanya masih ada kampung pengemis di Indonesia.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 26,16 juta jiwa per Maret 2022. Pada akhirnya, banyak orang yang memilih menjadikan pengemis sebagai mata pencahariannya, karena hasilnya dianggap menjanjikan. 

Bahkan mereka bisa membangun rumah dan mengisi perabotan di dalamnya dari hasil menjual rasa iba pada orang lain. Lantas, mana saja sih kampung pengemis yang hingga saat ini masih ada di Indonesia? Berikut ini daftarnya:

1. Desa Grinting, Brebes

1. Desa Grinting, Brebes Kampung Pengemis di Indonesia (via Muria News)

Kampung pengemis di Indonesia yang pertama adalah Desa Grinting yang berada di Kabupaten Brebes. Desa ini disebut kampung pengemis karena banyak penduduk setempat yang memilih merantau ke kota besar untuk menjadi pengemis.

Namun fakta lain tentang Desa Grinting menyebutkan bahwa penduduknya merantau ke kota besar tidak hanya untuk mengemis, tapi ada juga yang berdagang. Jadi tidak semua warganya mencari nafkah dengan meminta-minta ya, Guys! Lagipula, warganya saat ini mulai berusaha mengubah image agar desanya tak lagi disebut Kampung Pengemis.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"