3 Hasil Laut Indonesia yang Harganya Tinggi Banget, Referensi Buat Bisnis Nih

3 Hasil Laut Indonesia yang Harganya Tinggi Banget, Referensi Buat Bisnis Nih

Dilansir dari website resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP), Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Fakta ini tentu sudah banyak kita tahu.

Namun, yang jarang kita ketahui adalah informasi detailnya. Nah, berdasarkan data dari KKP, terdapat kurang lebih 17.499 pulau di seluruh wilayah Indonesia.

Luas total wilayah Indonesia mencapai 7,81 juta km2. Dan luas itu terbagi dalam 3,25 juta km2 lautan, 2,01 juta km2 daratan dan 2,55 juta km2 diperuntukkan khusus Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Nelayan menangkap ikan (mongabay.co.id)

Gak salah deh kalo Indonesia tuh terkenal banget memiliki hasil laut yang nomor satu. Gimana gak, luas lautannya aja melebih luas daratan. Tentu banyak spot atau titik potensial yang bisa dijadikan habitat dan perkembangbiakan hewan laut.

Gak salah juga, kalo profesi nelayan hingga saat ini menjadi salah satu profesi yang mendukung perekonomian pemerintah. Dilansir dari Berita Satu, ekspor perikanan Indonesia selalu meningkat 12% setiap tahunnya. Membanggakan, kan?

Nelayan memanggul hasil laut (radarkontra.com)

Nah, di antara ragam satwa laut yang menghuni wilayah perairan Indonesia, ada beberapa hewan hasil laut Indonesia yang terkenal banget. Kalo dijual di luar negeri, harganya tinggi banget, cuy!

Penasaran apa aja? Nih lho 5 hasil laut Indonesia yang harganya selangit. Kalo gak percaya, coba kalian cari aja di tempat pelelangan ikan terdekat.

Lobster

Lobster Lobster mutiara (bahasikan.com)

Pecinta seafood pasti suka banget dengan hewan satu ini. Kalo dimasak, dagingnya bisa empuk banget! Nah, Indonesia juga dikenal salah satu negara produsen Lobster, lho.

Salah satu jenis lobster yang jadi juara di hati penggemar seafood adalah lobster mutiara. Meskipun harga lobster biasanya naik-turun di pasaran, untuk jenis ini gak terlalu berpengaruh.

Biasanya, lobster mutiara dijual mulai dari Rp 845 ribu/kg. Nah, kalo misal berat lobster yang dijual gak sampai 1 kg, tentu harganya berbeda, dong.

Ikan Serapu

Ikan Serapu (bahasikan.com)

Kalo sering nonton mancing mania, pasti sering dong mendengar ikan ini didapatkan para pemancing. Meskipun kayanya gampang untuk menangkap ikan ini di laut Indonesia, ternyata jenis ikan ini jadi favorit masyarakat Hong Kong, lho.

Hasil laut Indonesia ini jadi primadona di toko-toko seafood yang ada di Hong Kong. Setiap tahun, harganya pun selalu meningkat.

Untuk jenis biasa, harga ikan kerapu per kilo mencapai Rp 350 ribu. Sementara untuk jenis tertentu bisa tinggi banget, bisa mencapai Rp 4 juta! Dengan catatan, harga ini hanya untuk jenis ikan kerapu bebek, ya.

Teripang Kering

Teripang Kering (bbc.com)

Sudah jadi pengetahuan umum kalo hasil laut Indonesia ini terkenal memiliki khasiat yang tinggi. Di Tiongkok, teripang kering sih biasanya dimasak jadi sup.

Rasanya enak plus memiliki khasiat yang tinggi. Itulah hal yang menyebabkan harga dari teripang kering sangat tinggi. Teripang kering biasanya dijual antara Rp 200 ribu hingga Rp 3 juta. 

Variasi harga itu tentu dinilai berdasarkan kondisi dan jenis teripang. Singkatnya, ada penggolongan teripang ke dalam 3 tipe, yakni tipe A, tipe B dan tipe C. Dan tipe yang paling mahal itu harganya Rp 3,8 juta.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"