3 Fakta Mengenai Baju Hitam Polos: Cocok Buat Musim Panas, tapi ...

3 Fakta Mengenai Baju Hitam Polos: Cocok Buat Musim Panas, tapi ...

Kamu tentu pernah mendengarnya: baju hitam polos bisa bikin tubuh makin gerah kalo digunakan di bawah terik matahari. Hal sebaliknya bakal kamu rasakan kalo mengenakan pakaian berwarna cerah.

Ternyata eh ternyata, kenyataan nggak selalu demikian! Ada juga pakaian warna putih yang terasa lebih panas daripada baju hitam dengan bahan sama.

Nah, biar kamu nggak terjebak dalam pertanyaan membingungkan, mendingan kita pahami lebih dulu alasan mengapa baju hitam polos bisa bikin tubuh lebih gerah. Penasaran?

Baju hitam polos (hipwee.com)

Baju Hitam Polos Lengan Panjang Lebih Cepat Memanas

Pada dasarnya, warna hitam memiliki sifat menyerap sinar matahari. Hal itulah yang mengakibatkan reaksi panas dan gerah saat kamu mengenakannya di luar ruangan.

Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Selain itu, untuk efek gerah, hal itu pun ternyata dipengaruhi beberapa hal. Di antaranya yakni kecepatan angin dan ukuran kaus.

Jadi, kalo kamu suka baju polos hitam dan nggak pengen merasa gerah, coba deh gunakan kaos yang ukurannya lebih longgar.

Kalo kamu suka kaos press body, kombinasikan dengan outer seperti flaner, hoodie, atau outer lain yang warnanya lebih terang. Di samping itu, pilih juga bahan kaos hitam polos yang tidak panas, contohnya ya cotton combed 30s.

Baju hitam (lazone.com)

Bisa Memantulkan Radiasi Sinar Ultraviolet (UV)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Skin Cancer Foundation, baju putih memiliki SPF di angka 7. Namun, kalo basah, SPF-nya jadi terjun bebas hingga angka 3. 

Kesimpulan ini didapat dari penelitian biologis mereka terhadap burung. Menurut para peneliti dari Skin Cancaer Foundation, burung yang berbulu hitam bisa mendapatkan panas lebih sedikit daripada burung yang warna bulunya pucat.

Di samping itu, burung yang warnanya gelap ternyata juga lebih terlindung sinar UV, lho. Kira-kira, kulit manusia juga memiliki perlakukan yang sama atau nggak, ya?

Cocok Digunakan di Berbagai Acara

Dulu, masyarakat menganggap kalo warna hitam adalah warna yang tabu dan identik dengan duka cita. Namun, kini, warna ini digilai oleh para penggemar fashion. Terutama buat wanita, baju hitam polos juga bisa menyamarkan bentuk tubuh, lho.

Baju hitam polos (hipwee.com)

Meningkatnya trend warna dasar hitam untuk fashion ini berkaitan dengan kemunculan trend monokron. Menurut trend ini, warna hitam dan putih adalah inti dari gerakan fashionnya.

Oleh karena itu, seiring meningkatnya trend monokrom, begitupula dengan pertumbuhan angka penguna baju hitam polos di Indonesia. Apalagi, warna hitam pun juga cocok kalo digunakan di berbagai acara. Mulai dari acara santai, hingga formal atau profesional.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"